Dana BRI Nyangkut di Indover

VIVAnews - Triliunan rupiah dana bank pelat merah dan Bank Pembangunan Daerah (BPD) tersangkut di Indover Bank. Salah satunya milik Bank Rakyat Indonesia.

Direktur Utama BRI Sofyan Baasir dalam surat kepada Bursa Efek Indonesia yang dikutip VIVAnews, Selasa 21 Oktober 2008 mengakui adanya exposure di bank milik Bank Indonesia yang berbasis di Belanda. Dana yang tersangkut itu berupa money market dan syndication loan.

"Atas permasalahan yang terjadi di Indover, BRI saat ini sedang melakukan negosiasi dengan BI selaku pemilik Indover Bank untuk menyelesaikan masalah tersebut," kata Sofyan.

BRI juga telah membentuk PPAP (cadangan) yang cukup atas exposure tersebut.

Sebelumnya Ketua Umum Perhimpunan Bank-bank Negara Agus Martowardojo meminta agar Indover Bank diselamatkan. Perkiraan sementara uang yang tersangkut mencapai Rp 7 triliun.

Sebelumnya, Bank Sentral Belanda (De Nederlandsche Bank) menyatakan bahwa pengadilan Belanda telah memutuskan untuk membekukan kegiatan operasional Indover Bank yang berkedudukan di Amsterdam. Pembekukan operasi berlaku mulai 7 Oktober 2008 dan dilakukan setelah Indover mengalami kesulitan likuiditas sebagai dampak dari gejolak pasar keuangan global.

Kesulitan likuiditas yang dialami Indover Bank diperkirakan tidak akan dapat diselesaikan dalam jangka pendek. Apalagi, ketidakpastian yang tinggi atas berlangsungnya keketatan likuiditas di pasar uang global. Itu bisa meningkatkan risiko mitranya di pasar uang antar bank secara global.

Bank Indonesia selaku pemilik 100 persen Indover mengakui keberadaan dana milik bank lokal di bank yang berbasis di Belanda itu. Namun Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Miranda S Goeltom belum bersedia menyebutkan jumlahnya. Alasannya ia lupa dan tidak ingat persis angkanya. "Tapi ada," aku Miranda di Gedung DPR.

Bank Indonesia saat ini tengah mengonsultasikan masalah tersebut denganĀ  Komisi Keuangan DPR untuk membantu mencari solusi. Pertemuan pertama digelar hari ini dan akan dilanjutkan Rabu 22 Oktober 2008.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Mulyaman Hadad juga mengungkapkan masalah Indover masih dikonsultasikan dengan Komisi Keuangan. "Belum semuanya dibahas," kata dia.

DPRD Kota Denpasar Apresiasi Capaian Kinerja LKPJ Wali Kota Tahun 2023
Putri Isnari

Momen Haru Siraman dan Pengajian Putri Isnari: Persiapan Menuju Pelaminan

Putri Isnari atau dikenal dengan Putri DA dikabarkan akan menikah dengan anak pengusaha Batu Bara, Abdul Azis pekan ini. Uang panai senilai Rp2 miliar jadi sorotan

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024