Game PS3 Diprotes Umat Islam

Bukan Pertama Kali Sony Bermasalah

Bukan kali ini saja dengan LittleBigPlanet, sebelumnya Sony juga pernah bentrok akibat game yang dibuat untuk Playstation.

KLHK: 3,37 Juta Hektare Lahan Sawit Terindikasi Ada dalam Kawasan Hutan

Juni 2007 lalu Dewan Gereja Inggris sempat mempertimbangkan untuk mengambil tindakan hukum terhadap Sony yang menggunakan kawasan Manchester Cathedral di dalam sebuah game bertema kekerasan. Game perang jenis first person shoot (FPS) itu berjudul Resistance: Fall of Man. Video game itu adalah game yang dibuat khusus oleh Insomniac Games dan didistribusikan oleh SCEA hanya untuk PlayStation dari Sony.

Di dalam salah satu scene, game yang terjual lebih dari dua juta kopi itu mempertontonkan peperangan yang berlangsung di bagian tengah katedral. Di sana pemain game harus membunuh ratusan lawannya. Menurut pihak Sony, mereka sudah meminta izin ke pihak yang berkepentingan saat pembuatan game yang bersangkutan.

Resistance: Fall of Man CathedralTetapi menurut pihak Gereja, Sony tidak meminta izin untuk penggunaan katederal tersebut untuk dijadikan sebagai medan pertempuran. Ketika itu, Pastor Kepala Katedral Manchester, Nigel McCulloch menyebutkan bahwa tindakan Sony tersebut tidak bertanggungjawab. Apalagi mengingat bahwa Manchester memiliki tingkat kejahatan bersenjata yang tinggi.

“Untuk sebuah produsen kelas dunia, melukiskan salah satu katederal terbaik kami dengan kualitas realistis bagai foto dan mendorong orang untuk mengadakan pertempuran senjata di dalam gedung tersebut merupakan tindakan yang tidak berperasaan dan tidak bertanggungjawab,” ujar McCulloch. “Kami terkejut melihat warisan leluhur tempat beribadah dan belajar, disodorkan pada generasi muda sebagai tempat di mana senjata bisa ditembakkan,” tambahnya.

Tidak hanya mendulang protes dari pihak Gereja, kalangan orangtua juga tidak terima dengan keputusan Sony menggunakan scene gereja tersebut. Patsy McKie, dari organisasi Mothers Against Violence, yang anaknya Dorrie terbunuh di sebuah aksi bersenjata di Manchester menyatakan bahwa sudah waktunya orangtua bersatu melawan produsen game kekerasan. “Saya percaya bahwa harus ada tindakan serius yang harus diambil. Baik oleh pihak Gereja, ataupun oleh orang tua,” sebutnya. “Di luar sana sedang terjadi perang. Tidak saja di Irak, tetapi juga di depan mata kita,” ucapnya kala itu.

Sony akhirnya melayangkan surat permintaan maaf resmi ke pihak Gereja dan memublikasikannya di koran harian Manchester Evening News.

BI Catat Modal Asing Kabur dari Indonesia Rp 1,36 Triliun
Endrick

Pelatih Timnas Brasil Peringatkan Real Madrid soal Endrick

Pelatih Timnas Brasil, Dorival Junior senang dengan keberhasilan Endrick mencetak gol saat bermain imbang 3-3 dengan Timnas Spanyol dalam pertandingan uji coba, kemarin.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024