Pemilu 2009

PKB Buka Diri untuk Koalisi

VIVAnews - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) membuka diri untuk berkoalisi di parlemen dan dalam pemilihan presiden.

"Pasti banyak partai yang membutuhkan suara PKB untuk menciptakan pemerintahan yang kuat," kata Sekretaris Jenderal PKB Lukman Edy di kantor DPP PKB, Jakarta, Jumat 10 April 2009.

Ia menjelaskan walau belum mengambil sikap, tapi partainya tidak akan melakukan perubahan besar. Lukman menambahkan kerjasama partainya dengan sejumlah partai di awal pemilu boleh jadi sebagai formula koalisi yang permanen dan masif. "Kecil kemungkinannya PKB akan balik kanan," kata dia.

Beberapa waktu lalu, PKB telah bekerja sama dengan beberapa partai tengah untuk mengawasi kualitas pemilu 2009. Partai-parti itu adalah Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Amanat Nasional, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Patriot.

Walau begitu, PKB akan menentukan sikap dengan menunggu hasil rapat pleno Dewan Pimpinan Pusat (DPP). "1-2 hari ini akan kita lihat akan diteruskan atau mencari langkah lain," kata Lukman. "Tapi kita akan konsisten."

Tren hasil Perhitungan cepat sejumlah lembaga survei menunjukkan PKB hanya mengantungi 5 persen suara untuk kursi parlemen. Angka ini lebih kecil dibandingkan ketika pemilu tahun 2004. Lima tahun lalu, PKB berhasil mendapatkan kursi parlemen sebanyak 11 persen.

Pilkada Serentak 2024 Diusulkan Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi

Instruksi Irjen Karyoto ke Jajarannya Pastikan Rangkaian Perayaan Paskah Kondusif

Polda Metro Jaya menegaskan bakal memberikan pengamanan pada seluruh gereja yang ada di wilayah Jadetabek saat Tri Hari Suci Paskah yang dimulai hari ini.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024