Krisis Keuangan Global

IMF Suntik Dana Talangan untuk Ukraina

VIVAnews - Dana Moneter Internasional (IMF), Minggu, 26 Oktober 2008, bersedia menyuntikkan dana pinjaman kepada Ukraina sebesar US$ 16,5 miliar. Dana tersebut akan digunakan untuk membantu Ukraina dari dampak buruk krisis keuangan global yang tengah melanda banyak negara.

Direktur pelaksana IMF, Dominique Strauss-Kahn, kemarin mengatakan bahwa lembaga peminjam dari 185 negara akan bertindak cepat untuk menyediakan dana tersebut. “IMF bergerak cepat dan efisien untuk membantu Ukraina dan program [bantuan] ini fokus pada perencanaan awal esensial yang dibutuhkan untuk memelihara kepercayaan, perekonomian, dan stabilitas keuangan,” katan Strauss-Kahn.

Keputusan untuk memberi bantuan pada Ukraina muncul dua hari setelah IMF mengumumkan telah menyuntikkan dana pinjaman sebesar US$ 2 miliar kepada Islandia. Islandia merupakan negara barat pertama yang menerima bantuan IMF selama lebih dari tiga dekade setelah sistem perbankannya hancur akibat kredit macet global.

Selain Islandia dan Ukraina, negara di Eropa yang juga akan menerima suntikan dana dari IMF adalah Hungaria. Belum dijelaskan berapa persisnya besar dana yang akan dipinjamkan, tetapi disebutkan bahwa jumlahnya cukup besar. Dengan demikian Ukraina dan Hungaria merupakan dua negara pertama dari "Blok Timur" Eropa yang meminta bantuan IMF. Negara-negara lain yang tengah mengantri untuk mendapat pinjaman dari IMF adalah Serbia, Belarusia, dan Pakistan.

Pekan lalu, para ekonom Pakistan mengatakan bahwa dana sebesar US$ 5 miliar lebih diperlukan untuk menghindari kebangkrutan karena gagal membayar hutang di tahun depan. Namun, mungkin dana sebesar lebih dari US$ 8 miliar akan lebih dibutuhkan secara keseluruhan. Selain kepada IMF, Pakistan juga mencoba meminta bantuan dari negara-negara maju dan lembaga keuangan dunia seperti Bank Dunia.

Para analis mengatakan bahwa Pakistan yang sedang berada dalam status perang dan teror, berkesempatan untuk mendapatkan pinjaman tersebut. (AP)





Alasan Citroen Masih Enggan Pasarkan Mobil Hybrid di Indonesia
Konferensi pers

Mutia Ayu Cerita Kedekatan Sang Putri dengan Marthino Lio Pemeran Glenn Fredly

Dalam kesempatan itu, Mutia juga bercerita bahwa putrinya dengan Glenn, Gewa saat ini memiliki hubungan yang akrab dengan Marthino Lio.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024