Transisi Presiden Baru AS

Obama Bicara dengan 9 Pemimpin Dunia

VIVAnews - Presiden AS terpilih Barack Obama menerima ucapan selamat dari sembilan presiden dan perdana menteri, Kamis 6 November 2008 atau Jumat WIB. Krisis keuangan menjadi topik pembicaraan Obama dengan para sahabat AS ini .

Meski Negaranya Tengah Dilanda Aksi Terorisme, Rusia Tetap Kirim 29 Ton Bantuan ke Gaza

Juru bicara presiden terpilih Obama Stephanie Cutter mengatakan Obama berbicara denganĀ  PM Australia Kevin Rudd, PM Kanada Stephen Harper, Presiden Perancis Nicolas Sarkozy, Kanselir Jerman Angela Merkel, PM Israel Ehud Olmert, PM Jepang Taro Aso, Presiden Mexico Felipe Calderon, Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak dan PM Inggris Gordon Brown.

Kantor Presiden Perancis Nicolas Sarkozy mengatakan kedua pemimpin berbicara selama 30 menit dan menggambarkan diskusi itu berlangsung dengan sangat hangat. Presiden Sarkozy mengucapkan selamat kepada presiden terpilih Obama atas kemenangannya yang luar biasa. Pernyataan resmi menyatakan mereka berdiskusi masalah-masalah internasional, terutama krisis keuangan dan setuju untuk bertemu dalam waktu dekat.

Legislator Soroti Daya Beli Gen Z di Jakarta, Bisa Berkontribusi Besar Kendalikan Inflasi

Kantor PM Kanada Stephen Harper mengatakan keduanya berbicara mengenai internasional keuangan yang akan berlangsung di Washington DC, 15 November 2008 mendatang, dan pentingnya untuk berbicara mengenai krisis keuangan global. Obama belum ada rencana untuk menghadiri pertemuan itu.

Pernyataan resmi dari kantor PM Kanada mengatakan kedua pemimpin menekankan tak ada teman dan sekutu yang paling dekat selain AS dan Kanada, dan keduanya berjanji untuk memelihara dan membangun lebih jauh hubungan kedua negara. Percakapan keduanya berlangsung hangat dan akan segera dilakukan pembicaraan berikutnya dalam waktu dekat.

Cekcok Hebat dan Bergumul di Kamar, Suami Sadis Ini Tega Bunuh Istri Pakai Obeng

Kantor Presiden Mexico Felipe Calderon mengatakan Obama berjanji untuk melanjutkan dukungan AS atas perjuangan Mexico melawan kejahatan terorganisir dan penjualan obat terlarang. Pernyataan dari kantor Presiden Mexico menyatakan Obama menyadari kesulitan peperangan melawan kedua jenis kejahatan itu dan menawarkan dukungan yang lebih tegas.

Kongres AS menyetujui dana bantuan US$400 juta untuk Mexico bulan Juni lalu, tapi dana tersebut belum juga dicairkan.

Dalam percakapan dengan Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak, Obama mentatakan bahwa persekutuan AS dan Korea SelatanĀ  adalah menjadi ujung tombak bagi perdamaian dan stabilitas di Asia, dan berjanji untuk meningkatkan hubungan kedua negara.

AS membantu pertahanan Korea Selatan selama perang Korea dan menjadi sekutu nomor satu. Sekitar 28.500 pasukan AS yang masih berbasis di Korea Selatan untuk berjaga-jaga dari ancaman Korea Utara.

Kantor PM Inggris, menyatakan PM Brown dan Obama berbicara mengenai beberapa masalah, termasuk reformasi sistem keuangan global. Kantor asosiasi pers Inggris mengatakan keduanyaberbicara selama 10 menit dalam suasana yang bersahabat dan positif.

Topik-topik yang dibicarakan antara lain ekonomi dunia, situasi di Irak dan Afghanistan dan proses perdamaian di Timur Tengah.(AP)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya