Preview PSIS vs Pro Duta

Misi Ganda Mahesa Jenar

VIVAnews-PSIS Semarang akan menghadapi Pro Duta pada leg pertama penyisihan zona II Copa Indonesia 2008 di Stadion Jatidiri Semarang, sore ini. Setidaknya ada dua misi yang diusung Mahesa Jenar-julukan PSIS- dalam duel yang akan disiarkan langsung  oleh TVOne pukul 15.30 Wib nanti.

Pertama, pertandingan sore ini akan menjadi momen untuk mengembalikan kepercayaan publik Semarang paska hasil jeblok yang diraih PSIS di putaran pertama Liga Super Indonesia (LSI) 2008. Sedangkan misi kedua adalah mencari formasi ideal PSIS sebelum tampil di putaran kedua LSI 2008.

Menyandang gelar jawara Liga Indonesia musim 2005, PSIS sempat masuk jajaran tim-tim besar tanah air. Namun status itu seakan mulai luntur ketika prestasi Mahesa Jenar terjun bebas di putaran pertama LSI 2008.

Dengan materi pemain muda, PSIS hanya mampu finish di peringkat ke-15 klasemen sementara dengan total 13 poin. Dari 17 kali laga, PSIS hanya mampu meraih 3 kemenangan dan 4 hasil seri.

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 

Kondisi ini tentu saja berpotensi mereduksi kepercayaan para pendukungnya. Apalagi bila sampai kalah saat menjamu Pro Duta sore ini.

”Di liga kami sudah terpuruk. Kami tentu tak ingin mengulanginya di Copa Indonesia. Bagaimana pun kami harus mampu mengukir prestasi sebaik mungkin di even ini,” kata Setyo Nugroho, manajer PSIS Semarang.

Tak ketinggalan, pelatih PSIS Semarang, Bambang Nurdiansyah juga punya misi lain. Selain untuk menyelamatkan muka PSIS, mantan pelatih Arema Malang itu akan menjadikan duel sore ini sebagai momen untuk mencari bentuk ideal timnya jelang putaran kedua nanti.

Bila mendapat ijin, empat pemain baru akan diturunkan saat menjamu Pro Duta. Masing-masing adalah  : Aulia Tri Hartanto, Firman Basuki , Jimmy Mark, dan  Hendro Siswanto. ”Kalau disahkan oleh BLI (Badan Liga Indonesia) keempatnya akan saya turunkan,” kata Bambang.

Menghadapi tim sekelas Pro Duta, Bambang mengaku tak melakukan persiapan khusus. Program latihan yang dijalankan oleh pemain-pemainnya mengalir seperti biasa. Yang terpenting bagi Bambang adalah, pemain-pemainnya bisa bermain maksimal dan mengikuti instruksi yang diberikan dengan baik.
 
”Tak ada persiapan khusus yang kami lakukan. Semuanya mengalir seperti biasa. Namun kami akan menggunakan pertandingan ini sebagai wahana untuk mencari formasi ideal untuk putaran kedua LSI nanti. Karena itu saya berharap pemain tampil maksimal,” kata Bambang.

Sinyal Bertahan dari Tim Tamu
Bagaimana dengan tim lawan? Pelatih Pro Duta, Nana Priatna mengaku tak ingin pulang dengan tangan hampa. Tim yang berasal dari Divisi I itu bertekad untuk memetik minimal satu poin dari kandang PSIS.

Namun Nana sadar hal itu tak akan mudah. Sebab tim lawan masih berada dua level di atas timnya. Agar tak sia-sia, Nana berniat untuk menerapakan formasi 3-6-1. Artinya Pro Duta akan tampil bertahan saat bertemu PSIS.

”Kami sadar akan menghadapi tim peserta LSI. Karena itu, kami tak boleh gegabah dalam melakukan serangan. Dengan hasil seri saja itu sudah menjadi keuntungan bagi Pro Duta,” kata Nana.


Prediksi Line Up
PSIS (4-4-2)
Pemain : Basuki , Anwarudin, Denny, Idrus, Gunawan , Ilham, Sapto, Herry, Ferry , Jules, Gaston
Pelatih: Bambang Nurdiansyah

Pro Duta (3-6-1)
Pemain: Chandra , Nursidik , Aldi, Ruhyat, Yosep, Nursidik, Gugun, Rifo , Yayan , Arif , Wahyu
Pelatih: Nana Supriatna

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Berita tentang nasib dua debt collector yang hendak mengambil paksa mobil Aiptu Fandri di parkiran salah satu pusat perbelanjaan di Kota Palembang jadi yang terpopuler.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024