Pemilihan Gubernur Jawa Timur

Soekarwo-Syaifullah Yusuf Pemimpin Baru Jatim

VIVAnews – Komisi Pemilihan Umum Daerah Provinsi Jawa Timur memastikan pasangan Soekarwo-Syaifullah Yusuf menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur. Pasangan itu meraih suara 7.7 juta. Pasangan ini mengalahkan kandidat Khofifah Indar Parawansa-Mudjiono pada putaran kedua yang hanya meraih 7,6 juta suara.

Akibat Banjir, Penerbangan Perdana Maskapai Emirates Airbus 380 dengan 592 Penumpang dari Dubai ke Bali Dibatalkan

Pengumuman ini dilakukan usai rapat rekapitulasi penghitungan suara yang dihadiri 38 Komisi Pemilihan Umum Daerah dan Panitia Pengawas. Selain itu, saksi masing-masing kandidat gubernur dan wakil gubernur juga hadir. Pengumuman perolehan suara dilakukan di Hotel Mercure Grand Mirama, Jalan Raya Darmo, Surabaya.

Pemilihan Gubernur Jawa Timur diikuti lima pasang calon, yaitu Khofifah Indar Parawansa-Mudjiono, Soenarjo-Ali Maschan Moesa, Soekarwo-Syaifullah Yusuf, Soejtipto-Ridwan Hisjam, Achmady-Soehartono.

Presiden Direktur P&G Indonesia Sebut Prospek Masa Depan Indonesia Cerah 

Pemilihan di daerah ini digelar sampai dua kali putaran. Mayoritas calon gugur di putaran pertama. Hanya pasangan Khofifah-Mudjiono dan Soekarwo-Syaifullah Yusuf yang melenggang ke putaran kedua. Hari ini merupakan penentuan siapa diantara mereka yang akan menjadi pemimpin Jawa Timur.

Pemilihan tahap kedua dilaksanakan 4 November 2008 yang diikuti 29.061.718 pemilih. Pasangan Khofifah dan Mudjiono diusung PPP, PPNU, PNI Marhain, Partai Merdeka, Partai Pelopor, Partai PIB, PNBK, PKPI, Pbr, PDS, PKPB, dan Partai Patriot Pancasila. Sedangkan pasangan Soekarwo-Saifullah didukung Partai Demokrat dan PAN.

Superchallenge Supermoto Race 2024 Segera Dimulai, Yogyakarta Tuan Rumah Seri Perdana

Pengumuman hasil Pemilihan Kepala Daerah itu berjalan lancar. Kepolisian Daerah Jawa Timur menurunkan 1.300 polisi di sekitar hotel. Selain itu, sebanyak dua unit mobil penghalau massa dan tiga armada pemadam kebakaran juga disiagakan.

Laporan: Sony Wignya Wibawa/Surabaya

Xiaomi SU7

Coba-coba Bikin Mobil Listrik, Xiaomi Dibuat Kaget

Permintaan untuk mobil sedan listrik Xiaomi SU7, jauh lebih tinggi dari yang diprediksi oleh perusahaan. Hal ini diungkapkan oleh Chief Executive Officer Xiaomi, Lei Jun.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024