Krisis Politik Thailand

Para Turis Asing Segera Dipulangkan

VIVAnews – Pemerintah sejumlah negara tengah berupaya memulang Warga mereka yang terjebak di Thailand. Tindakan ini dilakukan karena massa pendukung Partai Aliansi Rakyat untuk Demokrasi (PAD) yang anti-pemerintah masih menutup Bandar Udara Internasional Suvarnabhumi dan Don Mueang.

Menteri Luar Negeri Australia, Stephen Smith, menyatakan bahwa pemerintah Australia semakin frustasi dengan Thailand. Australia menganggap pemerintah Thailand tidak mampu melindungi warga asing yang terjebak demonstrasi di Bangkok.

“Sebagian warga kami di Thailand merasa cemas, dan kami mengerti perasaan itu. Kami berusaha keras dengan menekan maskapai penerbangan Thailand dan otoritas pariwisata Thailand agar berusaha menerbangkan beberapa pesawat ke luar Thailand,” kata Smith, seperti dikutip harian The Nation, Senin 1 Desember 2008.

Smith juga meminta agar maskapai penerbangan menyediakan akomodasi bagi ratusan warga Australia  yang terjebak. Maskapai penerbangan Australia, Qantas, juga akan menyiapkan penerbangan ekstra, tetapi tergantung pada bandara yang bisa beroperasi di Thailand.

Pemerintah Cina telah menyediakan tujuh pesawat charter pada Sabtu dan Minggu pekan lalu. Pesawat tersebut digunakan untuk mengirim pulang sekitar dua ribu hingga tiga ribu warga Cina yang terjebak di Thailand. Pesawat pertama telah tiba di Shanghai pada Minggu dini hari waktu Cina.

Presiden Filipina, Gloria Macapagal Arroyo, telah memerintahkan Departemen Luar Negeri Filipina untuk mendata warga Filipina yang terjebak di Bangkok. Rencananya, warga Filipina tersebut akan dipulangkan dari kota Chiang Mai yang terletak di utara Bangkok.

Kemarin, dua maskapai penerbangan besar di Jepang, Japan Airlines dan All Nippon Airways mengatakan bahwa mereka sedang mengorganisir penerbangan dari pangkalan militer U-Tapao, Thailand.  Sedangkan pemerintah Spanyol akan mengirim dua pesawat militer dan satu pesawat charter untuk membawa pulang sekitar tiga ratus warga Spanyol yang terjebak di Bangkok.

Viral Rezky Aditya Terciduk Dispatch Korea, Citra Kirana: Si Paling Pede!
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 147 bangunan infrastruktur pasca dilanda bencana gempa di Provinsi Sulawesi Barat pada Selasa, 23 April 2024. Diketahui, gempa me

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024