Kasus Alih Status Hutan Lindung

Hari Ini Sidang Perdana Yusuf Erwin Faishal

VIVAnews-- Legislator Yusuf Erwin Faishal akan menjalani sidang perdananya di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin 1 Desember 2008.

Yusuf diduga berperan dalam memuluskan rekomendasi alih fungsi hutan Tanjung Air Telang di Sumatera Selatan. Hutan ini diubah menjadi pelabuhan. Ketika kasus ini terjadi ia menjabat sebagai Ketua Komisi Kehutanan.

Dalam kasus ini sudah dua legislator yang kasusnya tengah bergulir di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi. Mereka adalah Sarjan Taher dan Al Amien Nur Nasution.

Nama Yusuf disebut-sebut sebagai aktor yang membagi-bagikan uang dari Investor Chandra Antonio Tan. Yusuf sendiri mengaku menerima Rp 625 juta. Yusuf mengaku menyetor uang itu ke partainya, Partai Kebangkitan Bangsa.

Kasus ini bermula ketika Sarjan Taher dimintakan bantuan oleh Sekertaris Provinsi Sumatera Selatan Sofyan Rebuin. Sofyan meminta agar Komisi Kehutanan mengeluarkan rekomendasi guna mempercepat izin alih fungsi.

Sofyan, menjanjikan adanya hadiah. Menurut tuduhan penyidik KPK, Sarjan meminta Rp 5 miliar untuk dana operasional anggota dewan.

Atas persetujuan Gubernur Syahrial Oesman, Sofyan meminta kepada Chandra Antonio Tan, Direktur Utama Chandratex Indo Artha untuk menyediakan permintaan dana itu.

Menurut tuduhan KPK, uang itu dibagi-bagikan kepada Yusuf Erwin Faishal Rp 275 juta, Sarjan Rp 150 juta, Hilman Indra 175 juta, Azwar Chesputera Rp 325 juta dan Fachri Andi Leluasa Rp 175 juta. Sisanya uang, masih tuduhan KPK, dibagikan ke 17 anggota komisi dengan besar antara Rp 25 juta dan Rp 170 juta.

September 2006, terdakwa dan beberapa anggota komisi IV melakukan kunjungan kerja ke Pelabuhan Tanjung Api-api. Syahrial Oesman juga memaparkan rencana proyek itu di hadapan anggota dewan ini.

Usai pemaparan, menurut penyidik KPK, terdakwa mendapat uang dari Kepala Dinas Pekerja Umum Bina Marga Sumatera Selatan Danar Dahlan Rp 170 juta untuk dibagi-bagikan.

Masa Penahanan Siskaeee Diperpanjang Polisi
Putri Anne

Putri Anne Blak-blakan Belum Bisa Move On dari Arya Saloka?

Putri Anne mendapat pertanyaan dari pengguna instagram tentang tips untuk bisa move on.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024