Northstar Ambil Alih Utang

BNBR Masih Hitung Jaminan Aset Saham BUMI

VIVAnews - PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) masih menghitung jaminan aset berupa saham PT Bumi Resources Tbk (BUMI) dalam proses pengambilalihan sebagian utang perseroan di Oddickson Finance oleh Northstar Pacific Partners Limited.

"Persentasenya sedang dihitung," kata Bos Grup Bakrie, Nirwan D Bakrie di kantor Presiden RI, Jakarta, Rabu, 3 Desember 2008.

Menurut Nirwan, setelah Northstar mengambil alih utang Bakrie & Brothers sebesar US$ 575 juta dari Oddickson Finance, saat ini perseroan sedang bernegosiasi mengenai jumlah saham BUMI yang akan dijual.

"Jadi, yang mau dijual atau untuk membentuk usaha patungan (joint venture) adalah saham Bumi. Sedangkan saham yang lain akan balik ke Bakrie," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Direktur BNBR Nalinkant A Rathod melalui keterbukaan informasi perseroan kepada otoritas bursa di Jakarta, Selasa, 2 Desember 2008 menjelaskan, BNBR telah mencapai kesepakatan dengan Northstar untuk membentuk kemitraan strategis, dengan mengubah kesepakatan jual beli (sales and purchase agreement/SPA) yang disepakati 31 Oktober 2008 menjadi kesepakatan buyout untuk mengambilaih aset BNBR yang dijaminkan dari Oddickson.

Dengan cara itu, dia menambahkan, Northstar secara tidak langsung tetap memiliki kendali atas portofolio aset Bakrie & Brothers dan dapat menuntaskan minat strategis dalam Bumi Resources.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Nalinkant mengatakan, sebagian besar kewajiban BNBR yang diperoleh dari Oddickson diambilalih Northstar, yang mana akan menjadi dasar pembentukan perusahaan joint venture dengan perseroan. "Perusahaan tersebut pada akhirnya akan memiliki aset BNBR yang dijaminkan yang saat ini dipegang Oddickson," jelasnya.

Air Terjun Victoria, Zimbabwe.

Terungkap! Penemuan Rumah Leluhur Umat Manusia Menggemparkan Dunia

Para ilmuwan di Australia memicu perdebatan setelah mengklaim telah menemukan rumah leluhur semua manusia modern.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024