Kebal Penyakit di Musim Hujan

VIVAnews – Musim hujan identik dengan musim penyakit. Saat pergantian musim kemarau ke musim penghujan terjadi perubahan cuaca yang drastis. Perubahan suhu, terpaan air hujan serta angin yang bertiup lebih kencang menjadikan tubuh rentan terserang penyakit. Flu dengan gejala batuk dan pilek, sakit kepala, dan diare adalah penyakit yang umum terjadi saat musim hujan.

Dalam kondisi seperti itu, tubuh harus memiliki daya tahan yang kuat supaya beradapatasi dengan baik. Untuk meningkatkan kekebalan tubuh, banyak hal yang bisa kita lakukan. Selain mengonsumsi nutrisi seimbang, kita juga harus cukup beristirahat dan rutin berolahraga. Sebagai tambahan, Anda memerlukan asupan vitamin atau suplemen.

Vitamin C adalah komponen penting untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh kita. Vitamin C bisa menghambat masuk dan menyebarnya virus penyakit ke dalam tubuh kita. Selain itu, vitamin C juga banyak mengandung antioksidan yang bisa mencegah dan memperbaiki kerusakan sel tubuh.

Asupan vitamin C alami dari buah-buahan dapat diperoleh dari buah jenis sitrus. Buah-buahan yang masuk kategori jenis sitrus antara lain, orange (jeruk peras), tangerine (jeruk kupas), lemon, dan grapefruit. Mengonsumsi buah sitrus setiap hari bisa menjadi tameng yang baik untuk menghalau virus penyakit.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Selain kaya kandungan vitamin C, buah sitrus juga kaya nutrisi penting untuk kesehatan, antara lain potasium, folat, kalsium, thiamin, vitamin B6, fosfor, dan magnesium.

Orange
Asam sitrat dalam buah jeruk bisa memperlancar peredaran darah ke jantung. Jika dikonsumsi secara teratur, jeruk bisa mendetoksifikasi tubuh dari racun dan kolesterol jahat. Segelas jus setiap pagi memberi manfaat lebih baik daripada Anda mengonsumsi secangkir kopi.

Tangerine
Kulit buah ini juga merupakan bagian penting yang bisa dimanfaatkan. Dahulu, masyarakat Cina menggunakan kulit jeruk untuk pengobatan misalnya mengatasi gejala sakit perut atau tubuh lesu. Kulit tangerine juga sedang diteliti sebagai pengobatan kanker.

Lemon
Wangi lemon sangat efisien mengurangi gejala mual atau sakit kepala akibat flu. Pijatan di kepala dengan olesan minyak esensial beraroma lemon bisa menjadi terapi yang manjur untuk memperlancar peredaran darah di kepala. Selain menghilangkan pening di kepala, pijatan tersebut juga memperlancar peredaran darah ke otak.

Grapefruit
Tak cuma kaya vitamin C, buah ini kaya beta karoten yang bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Tapi jika Anda sedang dalam masa pengobatan, sebaiknya jangan mengonsumsi buah ini. Cairan buah grapefruit mengandung enzim yang dapat menghambat penyerapan obat ke tubuh.

Dok. Istimewa

Megawati Panaskan Mesin Politik PDIP, Pimpin Konsolidasi untuk Pilkada 2024

PDIP menggelar rapat konsolidasi pemenangan untuk menghadapi Pilkada 2024. Rapat itu dipimpin langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Sekolah Partai.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024