Prosesor Multi Core

Core i5 Beredar Awal 2010

Bersamaan dengan peluncuran prosesor quad core hemat energi dengan Thermal Design Power 65 Watt Januari ini, Intel juga mengumumkan bahwa prosesor Lynnfield mereka akan siap di kuartal pertama 2010. Dikutip dari VR-Zone, 27 Januari 2009, jajaran prosesor quad core Intel sebelumnya menggunakan TDP rata-rata 95 watt, sementara yang menarik, yaitu Lynnfield merupakan versi value dari Beckton alias Core i7.

Dari bocoran informasi yang sudah beredar, Core i5 akan berbeda dengan Core i7. Bila umumnya prosesor mainstream hanya dipangkas dari sisi clock speed ataupun cache memory-nya, Core i5 akan memiliki arsitektur yang sedikit dimodifikasi dibanding Core i7.

Prosesor Lynnfield akan tetap merupakan sebuah prosesor quad core layaknya Core i7. Tetapi kini tidak lagi dilengkapi dengan kontroler memori triple channel DDR3 dan Quick Path Interconnect. Sebagai pengganti, Intel hanya membenamkan kontroler memori dual channel DDR3 dan solusi Direct Media Interface, layaknya seperti yang tersedia pada arsitektur prosesor dan chipset terdahulu yang hanya mendukung satu slot PCI Express x16 atau dua slot PCI Express x8.

Berhubung Lynnfield menggunakan arsitektur yang berbeda dengan Core i7, dengan fitur yang dipangkas, soket yang digunakanpun berbeda. Kalau i7 menggunakan socket LGA1366, Core i5 menggunakan motherboard bersoket LGA1160. Harganya tentu lebih ekonomis dibanding motherboard soket LGA1366 untuk Core i7, tetapi juga membuat platform Core i7 tidak kompatibel dengan Core i5.

Bersama dengan prosesor Core i5, Intel juga menyiapkan beberapa varian chipset seri 5 untuk mendukung prosesor yang bersangkutan. Adapun chipset tersebut adalah P55, P57, H55, H57, serta Q57. Kesemuanya tidak mendukung QPI yang mampu menghadirkan bandwidth 24 sampai 32GBps per link, melainkan hanya 10Gbps saja. Serupa dengan chipset P45 yang sudah beredar saat ini, namun dengan dukungan prosesor dan soket terbaru, berbeda dengan yang saat ini digunakan.

5 Cara Ampuh Melepaskan Diri dari Kecanduan Alkohol

----------

Update:

Holding BUMN InJourney Siap Sambut Mudik dan Libur Lebaran 2024

Bagi pengguna sistem lawas, yakni berbasis Core 2 series, Intel dikabarkan akan menyediakan dukungan memori DDR3 bagi chipset P45 dan G45. Adapun dukungan memori DDR3 1066 itu ditujukan untuk memperpanjang lifecycle dari kedua chipset. Untuk menyambut sistem operasi Windows 7, grafis pada G45 juga akan ditingkatkan.

Mobil patroli polisi (FOTO ILUSTRASI)

Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur

Mobil patroli Polsek Setiabudi, yang berhasil dibawa kabur oleh pelaku jambret, yang beraksi di Jalan HR Rasuna Said, Karet, Kuningan, Jakarta Selatan, sudah diketemukan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024