TKW Terjebak di Jalur Gaza

Pemerintah Serahkan Umi Saodah ke Keluarga

VIVAnews - Departemen Luar Negeri akan menyerahkan Umi Saodah, tenaga kerja wanita yang terjebak di Jalur Gaza kepada pihak keluarga. Umi Saodah, terjebak di Palestina sejak Agustus 2008.

"Umi Saodah sekarang dalam perjalanan menuju Indonesia," ujar Direktur Perlindungan Hukum Warga Negara Indonesia, Departemen Luar Negeri, Teguh Wardoyo dalam perbincangannya dengan VIVAnews, Selasa, 27 Januari 2009.

Rencananya, Departemen Luar Negeri sekitar pukul 15.00 WIB akan menyerahkan Umi Saodah kepada keluarga. Saat ini, keluarga Umi yang berasal dari Salatiga, Jawa Tengah itu sudah berada di Jakarta.

Umi Saodah sebelumnya berada di tahanan polisi Gaza karena melanggar kontrak kerja. Proses evakuasi ini memakan waktu yang panjang. Dimulai dengan komunikasi antara Kedutaan Besar RI di Kairo dan Bulan Sabit Merah Palestina.

Setelah situasi berlakunya gencatan senjata di Gaza, Duta Besar RI Kairo mengirim tim evakuasi menuju Rafah, pada Selasa 20 Januari 2009. Akhirnya, Saodah telah dibawa ke Kairo sejak Kamis 22 Januari 2009.

Selama proses evakuasi, Kedutaan Besar RI dibantu Bulan Sabit Merah Palestina, Bulan Sabit Merah Mesir, aparat Keamanan dan Kehakiman Gaza di Palestina, dan MER-C Indonesia.

Yusril Sebut Gugatan 03 Buat Adegium 'Vox Populi Vox Dei' Kehilangan Makna
Presiden Joko Widodo.

Jokowi Ogah Komentari soal Sengketa Pemilu 2024 di MK

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak mau berkomentar namanya disebut-sebut dalam sidang gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK).

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024