Lawatan Hillary Clinton ke Jakarta

James Riady: Indonesia Penting bagi Amerika

VIVAnews - James Riady menilai kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Hillary Rodham Clinton menunjukkan bahwa Amerika menganggap penting posisi Indonesia.

"Indonesia penting sekali bagi Amerika Serikat," ujar James Riady di Jakarta, Rabu, 18 Februari 2009.

Tangis Keluarga Pecah saat Terima 12 Jenazah Korban Kecelakaan Maut KM 58

James Riady memiliki hubungan khusus dengan Bill Clinton, suami Hillary dan mantan Presiden Amerika. James dulu sempat dihebohkan sebagai penyandang dana kampanye Bill Clinton.

Selain secara ekonomi merupakan negara dengan produk domestik bruto tertinggi di ASEAN, Indonesia sebagai negara terbesar keempat di dunia, negara Islam terbesar di dunia, serta mempunyai pandangan positif untuk bermasyarakat di dunia.

Dia menilai peran Indonesia sangat diperlukan bagi penguatan hubungan Amerika secara positif dan konstruktif di dunia internasional. "Amerika tidak bisa jalan sendiri."

James mengingatkan dalam situasi krisis dan gejolak ekonomi global, semua negara besar membutuhkan penguatan interaksi dan kerja sama dengan dunia ekonomi lain sebaik mungkin. Negara-negara besar memerlukan satu relasi yang harmonis.

"Indonesia dan Amerika tidak bisa jalan sendiri-sendiri," katanya.

Apalagi, menurut dia, di tengah isu nasionalisme dan proteksionisme sedang tinggi di seluruh dunia, khususnya di Amerika Serikat. Interaksi seperti ini, kata James, akan membuat Amerika melihat kepentingan dunia lebih penting daripada kepentingan negara.

Juru Bicara MK, Fajar Laksono.

Tak Sidang, Besok MK Cuma Terima Kesimpulan dari Para Pihak Sengketa Pilpres

Mahkamah Konstitusi (MK) tidak akan menggelar sidang sengketa Pilpres 2024 pada Selasa besok, 16 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024