Indosat Incar Mobile Advertising

VIVAnews -- Pesatnya pertumbuhan pengguna ponsel dan besarnya potensi pasar periklanan via ponsel (mobile advertising), membuat PT Indosat Tbk hari ini meluncurkan kartu perdana baru bertajuk IM3 I-klan.
 
Merangkul PT Nokia Indonesia dan PT Trikomsel Oke (Oke Shop) sebagai mitra, kartu perdana baru Indosat ini menyediakan layanan mobile advertising yang dinilai sangat efisien menyasar target iklan.

Pasalnya, iklan yang dipasang akan langsung dikirimkan kepada segmen pelanggan I-klan berdasarkan umur dan gender. Sebenarnya, layanan mobile advertising Indosat sudah ada sejak tahun lalu.

Cak Imin Siap Hadiri Sidang Putusan Sengketa Pilpres Jika Diwajibkan MK

Namun, layanan itu belum dipublikasikan secara luas. Oleh karenanya, Indosat meluncurkan layanan ini untuk meraup pasar yang lebih luas. Walau demikian, pelanggan I-klan yang ada, tak bisa dibilang sedikit.

Hingga kini, Indosat mengklaim, sudah ada sekitar 900 ribu nomor yang berlangganan layanan ini. Sementara itu, tak kurang dari 24 pengiklan juga telah memanfaatkan medium ini untuk memasarkan produknya.

Indosat menjamin, layanan ini tak akan mengganggu pelanggan, karena iklan yang dikirimkan kepada pelanggan sangat selektif disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan berdasarkan usia.

Pelanggan lama Indosat, juga bisa berlangganan layanan ini dengan melakukan mengirim SMS REG dan menghentikan layanan dengan mengirim SMS UNREG. Sementara pembeli kartu perdana I-klan tidak perlu lagi melakukan registrasi di atas.

Untuk menarik pelanggan, Indosat menyediakan bonus tarif, tiap kali SMS iklan mampir ke ponselnya. Mereka akan dihadiahi Indosat tarif Rp 50 per SMS, setiap mendapatkan 5 SMS iklan per harinya. Mekanisme yang sama berlaku pada iklan MMS.
 
"Tentu saja ini memicu pertumbuhan mobile advertising. Layanan ini menjadi media baru bagi mereka untuk mengiklankan jasa atau produk di samping medium konvensional," ujar Suharso Widiadi Sulistyo, Group Head VAS Marketing Indosat, pada peluncuran IM3 Groove di Plaza Fx, Jakarta, Senin 23 Februari 2009.
 
Di tempat yang sama, Kepala Pemasaran dan Brand Indosat Teguh Prasetya mengatakan, layanan ini sangat potensial untuk digunakan oleh partai politik atau calon legislatif yang tengah berkampanye.
 
"Tidak menutup kemungkinan layanan ini dimanfaatkan oleh parpol-parpol yang berkampanye. Cukup menguntungkan karena kampanye mereka bisa ditujukan langsung ke pelanggan layanan i-klan," kata Teguh.

Sementara regulasi yang berlaku, nantinya adalah regulasi SMS Kampanye. Lewat I-klan, semua memang boleh beriklan. Syaratnya, konten tidak berbau SARA, dan bukan berupa iklan rokok.

Eko Patrio

Eko Patrio Bersyukur, Gelar Halal Bihalal Dihadiri Sederet Artis dan Komedian Senior

Eko Patrio menggelar acara Halal bihalal di kediamannya di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu, 20 April 2024. Eko mengundang sederet artis dan komedian senior.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024