Kalahkan Malaysia, Timnas Putri Pecah Telur

VIVAnews-Timnas putri akhirnya berhasil merebut kemenangan perdananya pada AFF Women's Championship 2008. Pada duel terakhir penyisihan grup B yang digelar di Stadion  Than Long Sport Center, Ho Chi Minh City Vietnam, Kamis, 16 Oktober 2008, timnas sukses membenamkan Malaysia dengan skor 3-0 (2-0).

Bagi timnas, kemenangan ini menjadi yang pertama selama tampil di grup B AFF Women's Championship 2008. Sebelumnya, timnas putri mengalami tiga kekalahan beruntun.

Pada pertandingan pertama, Indonesia harus mengakui keunggulan Laos 0-1. Setelah itu, timnas kembali takluk di tangan tuan rumah Vietnam 0-4. Kesempatan untuk lolos ke semifinal akhirnya kandas setelah Indonesia dipermalukan Myanmar 0-6, Selasa, 14 Oktober 2008.

Gagal ke semifinal, timnas berusha menghindar dari juru kunci. Dengan menggunakan pola 4-4-2, tim besutan Timo Scheunemann itu tampil menyerang sejak pluit babak pertama ditiup. Alhasil, di menit ke 13 Sarce Buaim berhasil menjebol gawang Malaysia dan merubah skor menjadi 1-0.

Empat menit sebelum turun minum giliran kapten tim, Judith Sada berhasil menjebol gawang Malaysia sekaligus menutup babak pertama dengan skor 2-0. 

Memasuki babak kedua, timnas putri tak mengendurkan serangan. Di menit ke-59, Maulina Novryliani memastikan kemenangan 3-0 bagi timnas lewat gol yang diciptakannya.

Pelatih Timnas Putri, Timo Scheunemann mengaku lega dengan hasil yang dicapai anak asuhnya itu. Meski merupakan kemenangan perdana, Timo menilai timnas putri sudah mengalami banyak kemajuan.

”Saya cukup lega dengan hasil ini. Sebab, mereka tampil dengan sepenuh hati dan berusaha mati-matian untuk bisa menang,” kata Timo, Kamis, 16 Oktober 2008.

Berkat kemenangan ini, timnas putri pun terhindar dari juru kunci . Tambahan tiga poin meletakkan Indonesia di peringkat ketiga klasemen tetap grup B dengan total nilai 3 dari empat kali pertandingan. Sedangkan Malaysia yang tak pernah menang hingga pertandingan ke-4 harus puas berada di posisi paling buncit.

Vietnam dan Myanmar sendiri akhirnya mewakili grup B di babak semifinal. Keduanya akan bertemu dengan dua wakil grup A,  Australia dan Thailand untuk memperebutkan tiket ke final.

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel
Secret Ingredient Viu

Siap-Siap Baper, Nicholas Saputra Terjebak Cinta Segitiga dengan Aktris Filipina dan Aktor Korea

Berperan sebagai Chef Arif, Nicholas Saputra sedikit banyak juga harus mempelajari soal dunia dapur sebelum memulai syuting.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024