Dapil Neraka Sumut III

Si Poltak Melawan Jenderal

VIVAnews - Setelah daerah pemilihan Jawa Tengah V, mungkin Sumatera Utara III merupakan daerah pemilihan calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat yang paling seru pertarungannya. Di dapil ini terjadi pertarungan antara dua advokat Ruhut Poltak Sitompul dan Maiyasyak Johan melawan tiga jenderal.

Daerah pemilihan Sumatera Utara III meliputi 10 kabupaten dan kota yakni Kabupaten Asahan, Kota Tanjung Balai, Kota Pematang Siantar, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Pakpak Bharat, Kabupaten Dairi, Kabupaten Karo, Kota Binjai, Kabupaten Langkat, dan Kabupaten Batubara. Siapa saja tokoh-tokoh yang bertarung di sini?

Partai Hati Nurani Rakyat, pimpinan Jenderal (Purn) Wiranto, memasang Letnan Jenderal Purnawirawan Arifin Tarigan di nomor satu. Arifin yang sekarang Koordinator Penelitian dan Pengembangan Partai Hanura ini sebelum pensiun adalah Panglima Daerah Militer Cendrawasih. Arifin juga pernah menjadi Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat. Usai pensiun, Arifin menjadi Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional.

Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) mendaulat mantan Kepala Staf Daerah Militer IX/Udayana, Brigadir Jenderal Tarida Hasahatan Sinambela di nomor urut 1. TH Sinambela sebelumnya turut mendirikan Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN) dan bahkan menjadi Ketua Umum. Namun belakangan, Sinambela dipecat dari partai yang sekarang dipimpin Amelia Yani itu. Sinambela kemudian menyeberang ke PKPI.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, mantan Panglima Daerah Militer I/Bukit Barisan, Mayor Jenderal Purnawirawan Tri Tamtomo, didaulat sebagai calon anggota nomor urut 1. Kakak kandung Kepala Kepolisian Jenderal Bambang Hendarso ini dicalonkan berbekal suara yang telah dikantonginya dalam pemilihan Gubernur Sumatera Utara awal tahun ini, meski akhirnya kalah oleh pasangan Syamsul Arifin-Gatot Pudjo Nugroho.

Ketiga jenderal itu berhadapan dengan sejumlah tokoh sipil yang kawakan dalam dunia politik. Dari Partai Demokrat, muncul pengacara yang juga pemain sinetron, Ruhut Poltak Sitompul, pada nomor urut dua. Lalu dari Partai Persatuan Pembangunan, pengacara yang sekarang Wakil Ketua Komisi III DPR, Maiyasyak Johan, kembali mencalonkan diri, dengan nomor urut 1.

Partai Golongan Karya tak kalah pamor. Partai pemenang Pemilu 2004 ini menaikkan Ketua DPP Partai Golkar Koordinator Bidang Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Ali Wongso Sinaga, pada nomor urut 1. Pada nomor urut 5, terdapat anggota Komisi IX dan juga anggota Panitia Anggaran DPR, Serta Ginting. Meski nomor urut 5, Serta Ginting merupakan politisi kawakan yang merintis karir dari sekadar jagoan terminal di Rantauprapat, sempat menjadi calon wakil Gubernur Sumatera Utara, dan kemudian menjadi anggota DPR.

Jelas, dengan hanya tersedia 10 kursi anggota DPR, Sumatera Utara III layak dikatakan sebagai dapil neraka pada Pemilu 2009 ini.

Tim Saber Pungli Depok Beraksi, Amankan 4 Orang dari Terminal Depok
CIti.

CIti Gandeng Occam Genjot Kinerja Komunikasi

Occam menawarkan kemampuan dan fleksibilitas yang diperlukan untuk memastikan eksekusi program CIti yang efektif dan efisien.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024