Sistem Operasi

Browser Siap Gantikan Sistem Operasi

Bill Gates pernah memprediksikan sekitar tahun 1994 bahwa suatu saat browser web bisa menggantikan sistem operasi pada komputer. Ketika itu, ia bersama Internet Explorernya sedang bersaing sengit dengan Netscape. Prediksinya 14 tahun lalu itu kini mulai menjadi kenyataan.

Good OS, perusahaan berbasis di Silicon Valley dan Taipei yang didirikan tahun 2007 mengumumkan Cloud, “sistem operasi” yang memungkinkan komputer langsung bisa digunakan dalam hitungan beberapa detik saja. Setelah itu, pengguna bisa menjalankan seluruh aplikasi internet.

Dalam berita pers yang dirilis Senin, 1 Desember 2008, Good menyatakan bahwa browser gOS sudah mengambil alih sejumlah fitur yang dimiliki sistem operasi. Browser yang akan dijual pada produsen netbook dan nettop itu adalah “sistem operasi” berbasis Linux. Tetapi, pengguna yang tertarik untuk mencobanya bisa mendownload secara cuma-cuma dari situs resminya di sini. Versi terbaru, yakni gOS 3.0 memiliki antar muka dan aplikasi serupa Mac OS X.

Meskipun bukan ditujukan untuk menggantikan secara penuh fungsi sistem operasi, tetapi pengguna PC, notebook, ataupun notebook yang seluruh pekerjaannya ada di internet, atau menggunakan komputernya hanya untuk berinternet, dapat memanfaatkan “sistem operasi” ini. Jika dibutuhkan, pada komputer yang digunakan pengguna juga bisa menginstalasikan sistem operasi biasa seperti Windows atau Linux jika ingin menjalankan aplikasi kerja, kreatif, ataupun game.

Peluncuran sistem operasi ringan ini diyakini sejumlah pengamat akan membuat pangsa pasar sistem operasi Windows kian tergerus. Apalagi tren yang berkembang di antara pengguna komputer saat ini adalah mereka menghabiskan sebagian besar waktunya di depan komputer menjalankan aplikasi internet. Belum lagi sistem operasi buatan Microsoft yang semakin baru semakin membuat waktu boot menjadi lebih lama.

Ada Apa di Kota Isfahan Iran yang Baru Saja Diserang Israel?
PO Bus Borlindo

Sopir Bus yang Ajak Makan 30 Penumpang di Rumah Mertuanya saat Lebaran dapat Rp100 Juta

Sopir bus bernama Satir Tajuddin sempat viral karena mengajak seluruh penumpang makan di rumah mertuanya saat hari lebaran. Kini, Satir dikabarkan mendapat banyak donasi.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024