Munas V Kadin

MS Hidayat Calon Tunggal Ketua Umum

VIVAnews - Mohamad S Hidayat menjadi kandidat tunggal ketua umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) dalam Musyawarah Nasional V yang berlangsung 20-22 Desember 2008. Ketua umum terpilih akan memimpin kepengurusan periode 2009-2014. Mohamad S Hidayat adalah ketua umum Kadin saat ini.

Ketua Panitia Munas V Kadin, Anindya N Bakrie, mengatakan, munas merupakan forum tertinggi dalam pengambilan keputusan organisasi. "Meski kandidat hanya satu, namun munas akan menjadi momentum untuk menyikapi kondisi ekonomi pada 2009," kata Anindya kepada VIVAnews di Jakarta, Sabtu 20 Desember 2008.

Menurut Anindya, situasi ekonomi tahun depan diperkirakan cukup berat. Ancaman pemutusan hubungan kerja (PHK) akan menjadi permasalahan serius.

Sejumlah negara tujuan ekspor, seperti Amerika Serikat (AS) dan Eropa juga mengalami perlambatan pertumbuhan ekonomi. "Dengan situasi seperti ini, kita harus mengoptimalkan pertumbuhan domestik," ujar dia.

Selama ini, pertumbuhan ekonomi domestik menyumbang 70 persen dari produk domestik bruto (PDB). Untuk itu, upaya pemerataan pembangunan juga harus menjangkau seluruh daerah di Indonesia.

Untuk itu, Kadin akan berupaya mengembangkan beberapa sektor seperti infrastruktur, keuangan, dan potensi domestik untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Melalui pengembangan infrastruktur di bidang energi, pengairan, dan jalan diharapkan proses kegiatan ekonomi tetap bertumbuh.

Di sektor keuangan, suku bunga acuan Bank Indonesia (BI rate) juga diharapkan masih bisa turun dan cadangan devisa meningkat.

Sementara itu, terkait kehadiran Wakil Perdana Menteri Cina, Li Keqiang, menurut Anindya, kesempatan itu akan digunakan untuk kerja sama di bidang energi. Cina, lanjut dia, merupakan potensi pasar yang menjanjikan, karena banyaknya jumlah penduduk dan tingginya cadangan devisa.

DPR Sebut Penerimaan Negara dari Bea Cukai Tiap Tahun Capai Target
Sidang kasus narkoba dengan vonis mati di PN Medan.(B.S.Putra/VIVA)

Nisa 'Ratu Narkoba' Asal Aceh Bersama 2 Terdakwa Divonis Mati

Majelis hakim Pengadilan Negeri Medan memvonis Hanisah alias Nisa yang dijuluki 'ratu narkoba' dari Aceh bersama 2 terdakwa lainnya hukuman mati.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024