Studi di Uni Soviet (Bagian IV)

Liburan Gratis ke Italia

VIVAnews - Liburan musim panas merupakan bulan wajib libur karena setiap mahasiswa asing punya hak libur dan harus diambil karena tidak bisa diganti dengan uang. Bulan Juli dan Agustus merupakan bulan asrama sepi, karena  semua mahasiswa Rusia (sedikit) pulang dan di asrama tinggal mahasiswa asing.

Pada tahun 1962 saya melancong gratis selama sebulan lebih dengan biaya dari surat kabar Komunis Italia L'Unita. Saya mengirim surat dengan isi kurang lebih sebagai berikut, "Mahasiswa Indonesia ingin melihat Italia tapi tidak punya dana untuk berkunjung. Mahasiswa tersebut siap bekerja apa saja asal bisa sampai ke Italia".
    
Surat ini dimuat dan mendapat sambutan beberapa keluarga Italia dari berbagai kota dan ditengah liburan di Soci (Selatan), mendapat telegram dari asrama yang isinya memanggil pulang ke Moskwa."Segera! Penting!"

Sebuah telegram dari Roma telah menunggu. Silahkan ke Roma,kami menunggu! Dan jadilah saya tamu agung surat kabar L'Unita dan keliling Italia gratis,menemui banyak anak muda Italia,menginap di keluarga-keluarga yang bersedia menampung.

Suatu kenangan indah tak terlupakan. Saat kembali ke Moskwa setelah menghilang sebulan, teman-teman tidak percaya kalau saya kembali dari Italia. Setelah penulis berikan lembar koran dimana foto saya terpampang,baru mereka percaya.

Saya berdiri didepan stasiun Termini, Roma dengan tulisan seorang mahasiswa Indonesia berkunjung ke Italia atas bantuan L'Unita".bersambung..

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Jangan Lupa Pasang CCTV
Tyas Mirasih.

Sambil Menangis, Tyas Mirasih Ungkap Kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Sambil menangis haru, Tyas Mirasih mengungkap kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina langsung di hadapan Raffi di sebuah acara.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024