Indonesian Political Marketing Research

Golkar Tetap Jawara

VIVAnews – Survei Indonesian Political Marketing Research (IPMR) menunjukkan Partai Golongan Karya (Golkar) masih menjadi partai terpopuler. Partai berlambang pohon beringin ini berada di atas Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Demokrat.

Barikade 98 Ajukan Amicus Curiae, Minta Hakim MK Putuskan Sengketa Pilpres Secara Adil

Hasil survei menyebutkan Partai Golkar meraih dukungan 68,4 persen. Sedangkan partai pimpinan Megawati Soekarnoputri meraih 62,7 persen. Partai Demokrat yang mengantarkan Susilo Bambang Yudhoyono pada pemilihan umum 1999 hanya dipilih 60,9 persen suara.

Popularitas Partai Amanat Nasional (PAN) jauh di bawah, yakni 50,2 persen. Partai itu menang tipis dari partai pendatang baru di pemilihan 2009, yaitu Gerakan Indonesia Raya dengan suara 50,2 persen.

4 Kejanggalan Pembangunan Masjid yang Diinisiasi Daud Kim, Ternyata Tanahnya Belum Hak Milik ?

Adapun urutan keenam diraih Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan 38,3 persen. Diikuti Partai Kebangkitan Bangsa 36,1 persen. Partai lawas seperti Partai Persatuan Pembangunan masuk urutan delapan dengan 32,8 persen. Dan partai Hati Nurani Rakyat duduk di paling akhir survei IPMR, dengan 27,2 persen.

Survei ini dilakukan selama November 2008 dengan melibatkan 16,800 responden dari 77 daerah pemilihan di 33 provinsi di Indonesia.

Buntut Kasus Pembangunan Masjid oleh Daud Kim, Federasi Muslim Korea Ingatkan Hal Ini

Hasil survei itu juga memperlihatkan bahwa pengenalan calon pemilih terhadap partai, walau dengan cara dibantu gambar, masih rendah. Diperkirakan, kasus itu terjadi kaerna mereka bingung membedakan antara gambar partai yang satu dengan lainnya karena terlalu banyak jumlah partai peserta pemilihan umum.

Lahan terlantar di dunia

10 Lahan Terlantar yang Paling Menakjubkan di Bumi Saat Ini

Saat ini hutan belantara ini telah berubah menjadi kota hantu di mana tidak ada yang tumbuh dan tidak ada yang hidup. Berikut adalah 10  lahan terlantar di muka  bumi ini

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024