Preview Thailand vs Vietnam

Duel Pemain Muda

VIVAnews - Laga Thailand vs Vietnam di final Piala AFF 2008 diprediksi sangat menarik dan ketat. Pasalnya, kedua kubu banyak mengandalkan pasukan muda.

Terpopuler: Pengakuan Shin Tae-yong ke Ernando, Kata Pelatih Australia Usai Dihajar Timnas Indonesia

Juara tiga kali Thailand akan bertemu tim paling bersinar Vietnam di partai puncak Piala AFF 2008. Pertemuan pertama akan digelar di Stadion Rajamangala, Rabu, 24 Desember 2008 malam nanti.

Motivasi yang berbeda diusung kedua kubu. Thailand akan tampil ngotot guna merengkuh gelar ini untuk kali keempat. Di sisi lain, Vietnam juga tak kalah ngotot untuk memboyong gelar kali pertama.

Adu strategi akan dipertontonkan pelatih Thailand, Peter Reid dan pelatih Vietnam, Henrique Calisto. Tak hanya itu, kedua pelatih juga mempunyai catatan mengenai pemain yang perlu diwaspadai.

Laga Thailand vs Vietnam mementaskan laga anak-anak muda. Dari deretan pemain andalan alias yang sering dipasang kedua kubu, hanya Sutee Suksomkit (28 tahun) paling senior. 

Dari daftar pemain Vietnam, pemain cadangan Tranh Truong Gian tercatat sebagai pemain tertua: 32 tahun. Sedangkan Thailand memiliki kiper Kittisak Rawangpa (33 tahun) sebagai pemain tertua.

Siapa saja pemain yang paling bersinar dan perlu diwaspadai lawan? Situs resmi AFF memberikan beberapa nama yang patut diwaspadai dan disimak aksinya.

THAILAND
Datsakorn Thonglao (24 tahun)
Thonglao jadi pemain paling dikenal oleh tim dan pendukung timnas Vietnam. Pasalnya, Thonglao memang mencari nafkah di Liga Vietnam bersama klub Hoang Anh Gia Lai.

Gelandang Thailand ini dikenal mempunyai intuisi dan passing yang mengagumkan. Itu belum ditambah dengan kecepatannya berlari, piawai melakukan tekel dan jago mengeksekusi tendangan bebas.

Thonglao juga dikenal mempunyai kaki kiri dan kanan yang sama bagus. Jika Van Tai Em memberikan ruang bebas bagi Thonglao, tentu itu akan menjadi ancaman yang menakutkan bagi kiper Vietnam, Hong Son.

Sutee Suksomkit (28)
Tak hanya Thonglao, Thailand juga masih mempunyai Suksomkit. Winger Thailand ini menjadi penghuni paten sisi kiri Tim Gajah Putih. Mumpuni dalam memberikan crosing jitu bagi Teerasil Dangda dan Winothai Teerathep.

Suksomkit juga menjadi algojo pertama jika Thailand memperoleh tendangan bebas di luar kotak penalti. Pada laga semifinal leg 2 melawan Indonesia, Suksomkit memang absen karena cedera hamstring. Kini, dengan kembalinya
Suksomkit, Reid tentu akan lebih percaya diri menjamu Thailand.

Di jantung pertahanan, Thailand mempunyai Suree Sukha. Mampu bertahan dan menyerang sama baik menjadi kelebihan dari bek kanan Thailand ini. Pernah dijajal Manchester City tahun lalu menjadi bukti kemampuan kembaran Surat Sukha ini.

Teerathep Winothai (23)
Di lini depan, Teerathep "Leesaw" Winothai akan menjadi andalan utama Reid menggedor pertahanan Vietnam. Winothai berhasil mencetak gol pertama saat menjamu Indonesia di Bangkok.

Winothai dikenal mempunyai kelebihan dalam mencari celah di jantung pertahanan lawan. Skill Winothai juga terbilang di atas rata-rata pemain lainnya. Tak salah jika ia bisa bermain di Liga Belgia bersama Lierse SK.

Teerasil Dangda (20)
Selain Winothai, Thailand masih punya Teerasil. Striker tajam ini telah mengoleksi tiga gol. Ia berpotensi menjadi top skorer Piala AFF, menyamai atau melewati top skorer sementara: Budi Sudarsono (Indonesia) dan Agu Casmir (Singapura)

VIETNAM
Le Cong Vinh (23)
Di kubu Vietnam, striker Cong Vinh adalah bintang dari segala bintang pasukan Paman Ho. Kecepatannya telah berhasil membuat pertahanan Singapura terseok-seok.

Meski belum berhasil melesakkan gol, sosok Cong Vinh bak David Beckham di negaranya. Ia selalu menjadi pemain favorit pendukung Vietnam. Le Cong Vinh juga menjadi pesepakbola termahal di Vietnam dengan nilai transfer 500.000 dolar AS.

Duong Hong Son (26)
Namun, pahlawan keberhasilan Vietnam pantas disematkan pada sosok penjaga gawang Hong Son. Dialah pengubur mimpi indah Singapura di babak semifinal lalu.

Aksi gemilangnya menggagalkan beberapa peluang emas Agu Casmir cs menjadi bukti kepiawaian seorang Hong Son. Namun, Hong Son bukan tanpa cacat. Ia dianggap mempunyai kelemahan mengantisipasi bola-bola atas. Hal itu juga terjadi saat Vietnam ditekuk Thailand di Phuket lalu.

Nguyen Vu Phong (23)
Di sektor gelandang, Vietnam mempunyai Nguyen Vu Phong. Gelandang impresif ini mampu menjadi mesin sayat di sektor kiri tim besutan Henrique Calisto. Ia juga menjadi pahlawan kemenangan 3-2 Vietnam atas Malaysia.

Phan Van Tai Em (26)
Di lapangan tengah, Vietnam mempunyai Phan Van Tai Em. Kapten Vietnam ini bak mesin penggerak bagi timnya. Jago lari dan mempunyai tekel bagus menjadi modal bagi sang kapten memenangkan duel di lapangan tengah.

Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

Detik-detik Pelaku Dugaan Pelecehan Seksual Anak di Bawah Umur Diamuk Massa

Saat hendak diamankan, massa yang geram sempat menghakimi pelaku berulang kali hingga babak belur. Bahkan polisi sempat dibuat kewalahan dengan banyaknay massa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024