Proyek Kereta Bandara Ditender Ulang 2009

VIVAnews - Jalur kereta api Manggarai-Bandara Soekarno Hatta akan ditenderkan kembali pada 2009. Tender ulang ini diputuskan pemerintah karena PT Railink yang sebelumnya memegang proyek ini dianggap tidak bisa mendapatkan financial close (pihak yang membiayai proyek).

Rencana tender ulang ini diungkapkan Asisten Deputi Urusan Infrastruktur Kementerian Koordinator Perekonomian Mesra Eza, dalam sosialisasi kebijakan percepatan penyedia infrastruktur di Jakarta, Rabu 24 Desember 2008.

Mesra mengatakan, selain PT Railink banyak peminat lain yang menginginkan proyek ini. "Tender akan segera diulang karena beban jalan tol dirasa sudah semakin berat," ujarnya.

Data per 2007, kata dia, sebanyak 36 juta pengguna jalan berangkat dan pergi melalui jalan tol ke bandara yang saat ini hanya satu-satunya jalan utama.

Karena tender ulang, lanjutnya, operasi jalur ini akan mundur dari target semula yang rencananya sudah bisa dioperasikan pada 2009.

"Untuk tender, waktunya paling cepat 8 bulan, tidak mungkin dipercepat," katanya. Hal ini berkaitan jeda waktu dari pengumuman pertama untuk sosialisasi ke para peserta tender.

Jalur kereta ke Bandara ini diperkirakan akan menelan dana lebih dari Rp 2 triliun dengan panjang jalur 21 kilometer. Rencananya jalur itu akan menggunakan jalur lama Manggarai-Dukuh Atas. Jalur baru nantinya akan dibangun dari Stasiun Angke menuju ke Bandara Soekarno-Hatta.

PAN ke PPP: Akui Dulu Prabowo-Gibran Menang Pilpres Jika Mau Gabung Koalisi
Trail of The Kings Danau Toba 2024.(dok BPODT)

Pelari Indonesia, Malaysia Hingga Amerika Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024

event lari trail berstandar internasional, dengan bertajuk 'Trail of The Kings (TOTK) Zero Edition', yang berlangsung di Water Front City, Pangururan, Kabupaten Samosir,

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024