Pembajakan Software

Bajak AutoCAD, 2 Perusahaan Ditindak

Tak hanya pembajakan piranti lunak yang umum seperti sistem operasi atau antivirus, pembajakan piranti lunak desain dan kreatif pun kini menjadi sorotan aparat hukum untuk ditindaklanjuti. Hasilnya, Mabes Polri berhasil jaring dua perusahaan jasa konstruksi dan arsitektur di Jakarta.
 
Setelah terbukti menggunakan software desain AutoCAD buatan Autodesk, 11 Desember 2008, Mabes Polri mengumumkan bahwa mereka telah menindak PT K dari Jakarta Selatan dan PT W dari Jakarta Timur. AutoCAD merupakan software aplikasi desain untuk rancang bangun, konstruksi, bangunan serta media dan entertainment yang hak ciptanya dimiliki oleh Autodesk.
 
Dari PT K, polisi menyita 19 komputer yang dua di antaranya memuat software AutoCAD tanpa lisensi. Sedangkan dari PT W, polisi mendapati 13 komputer yang memuat AutoCAD tanpa lisensi dari total 21 komputer.
 
"Hingga saat ini masih dalam tahap penyidikan, pemeriksaan saksi-saksi. Kedua perusahaan dituntut karena telah melanggar UU Hak Cipta pasal 72 ayat 3," ucap Bernhard P Sibarani selaku kuasa hukum Autodesk, pada media briefing di Jakarta, Rabu 24 Desember 2008.
 
PT K dan PT W, menurut Bernhard, ditindak setelah pihaknya melakukan investigasi ke dua perusahaan tersebut. "Kami melakukan survei dan mengamati beberapa perusahaan konstruksi besar. Bila diketahui budget mereka untuk belanja software kecil, kami bersama Polri sambangi kantor mereka," kata Bernhard.
 
"Biasanya, hampir di tiap-tiap kantor, kami menemukan 70 persen dari total komputer yang ada memakai software tak berlisensi," tambahnya.
 
Terkait besar kerugian Autodesk akibat pemakaian software tak berlisensi di kedua perusahaan tersebut, Bernhard tak bersedia memaparkannya.
 
"Kami tidak punya datanya. Saya hanya bisa memaparkan bahwa produk Autodesk yang rawan dibajak sekarang ini adalah AutoCAD, baik yang versi full maupun versi LT yang hanya terbatas untuk fungsi dua dimensi, dan 3ds Max," ujar Bernhard yang mengestimasi harga sejumlah produk Autodesk berkisar antara US$ 1.000 hingga US$ 5.000.
 
Bernhard juga memaparkan sejumlah strategi yang akan ditempuh Autodesk ke depannya untuk meminimalisasi penggunaan softwarenya yang tak berlisensi.
 
Menurutnya, sosialisasi dan edukasi melalui media massa dan memberikan insentif dalam bentuk diskon 10 persen akan dapat mengurangi tingkat pemakaian software Autodesk tak berlisensi.
 
"Tak hanya itu, divisi pemasaran kami juga bekerja sama dengan Citibank untuk program cicilan 0 persen untuk sejumlah produk Autodesk," ucap Bernhard.

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak
Ilustrasi diabetes/cek gula darah.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah kondisi yang memerlukan perhatian khusus terhadap pola makan. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jangka panjang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024