Proyeksi BI 2009

Modal Bank Turun, Kredit Bermasalah Naik

VIVAnews - Bank Indonesia memperkirakan perbankan pada tahun ini akan menghadapi persoalan penurunan modal dan kenaikan kredit bermasalah.

"Rasio modal (CAR) bank akan turun dari rata-rata 16% ke 14%," ujar Deputi Gubernur BI, siti Ch. Fadjrijah di Jakarta, Rabu, 7 Januari 2009. 
Terhadap bank-bank yang kekurangan modal, BI akan meminta mereka untuk menambah modal. Deputi Gubernur BI Muliaman Hadad menambahkan tuntutan kenaikan modal merupakan kebutuhan perbankan karena mereka dihadapkan pada risiko yang semakin hari semakin komplek.

Selain soal modal, Muliaman mengingatkan perbankan akan menghadapi masalah kenaikan kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) pada tahun ini. BI memperkirakan NPL akan sedikit naik dari 4 persen ke kisaran 5 persen.

Namun, dengan upaya BI mendorong bank menaikkan modal, maka daya dukung perbankan terhadap kenaikan NPL masih dianggap cukup. Karena itu, BI akan mengeluarkan sejumlah kebijakan perbankan dalam waktu dekat.

"Kami pikirkan apa yang bisa dilakukan dalam koridor kehati-hatian," ujarnya.

Erick Thohir: Generasi Emas Timnas Indonesia Terus Ciptakan Sejarah Baru
Syifa Hadju

Hubungan dengan Rizky Nazar Diduga Retak Lantaran Orang Ketiga, Instagram Syifa Hadju Diserbu

Sejak kabar itu viral, banyak warganet yang memberi perhatian kepada Syifa Hadju. Mereka ramai-ramai memenuhi kolom komentar.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024