Minyak Kelapa Aman untuk Diet?

Kelapa yang kaya rasa manis, teksturnya lembut nan kenyal, nikmat jika dipadukan dalam kue, es krim, ternyata memiliki fungsi untuk penyembuhan dan baik untuk diet.

Health Minister Ensures Hospitals Ready to Handle Dengue Patients

Para ilmuwan dari Coconut Research Center di Colorado, Amerika Serikat, menganjurkan penggunaan minyak kelapa sebagai suplemen dalam program diet Anda. Kandungan positif yang terdapat dalam minyak ini antara lain: serat, mineral, dan vitamin.

Kegunaan kelapa memang sangat banyak. Itulah mengapa kelapa punya tempat mulia dalam budaya masyarakat Asia dan Pasifik. Kelapa telah dianggap sebagai 'sumber kehidupan'. Selain bisa untuk makanan dan obat-obatan, minyak kelapa juga berguna untuk diet. Masyarakat Amerika menganggap minyak kelapa sebagai minyak diet, karena dapat menjaga cita rasa makanan agar tetap ada tanpa kalori. Minyak ini adalah tipe minyak yang digunakan karena asam lemak jenuhnya dan sering dijual sebagai suplemen untuk mengurangi berat badan.

Para ilmuwan tersebut meminta kita agar melihat sisi lain coconut oil, bukan hanya sebagai minyak diet. Pengobatan tradisional telah menggunakan minyak kelapa untuk mengatasi berbagai kondisi dan gejala lain, seperti : sesak napas (asma), batuk, mual, radang tenggorokan, keram, lebam atau memar, luka bakar, kudis, infeksi, hingga kebotakan rambut. Pengobatan barat pun, dari perkembangan studi medis yang dilakukan para ilmuwan di laboratorium akhirnya berhasil membuktikan bahwa minyak kelapa memang punya substansi zat penyembuhan.

Fungsinya memang begitu banyak. Mulai dari membunuh bakteri dan parasit, meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh, hingga menjadi antioksidan dan rendah kolesterol (dibanding jenis minyak lain) untuk konsumsi.

Hasil temuan terbaru adalah studi Gilda Sapphire Erguiza, dari Philipine Children's Medical Center, dan Daniel Rauch, dari New York University Langone Medical Center. Mereka menemukan bahwa anak yang didiagnosa mengidap radang paru-paru (pneumonia) dapat sembuh lebih cepat selama diberi antibiotik normal yang disertai dengan minyak kelapa dengan dosis yang disesuaikan dengan berat badan mereka.

Prabowo Subianto

Kunjungan ke Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan ke China dan Bertemu Xi Jinping

Menteri Pertahanan juga pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto akan mengunjungi Beijing China, pada 31 Maret-2 April 2024. Prabowo dijadwalkan bertemu Presiden Xi Jinping

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024