Lapas Cipinang akan Dipindahkan

VIVAnews - Over kapasitas, Lembaga Pemasyarakatan Cipinang akan dipindahkan. Direktur Jenderal Lembaga Pemasyarakatan, Untung Sugiono mengatakan pengembangan lapas Cipinang sudah maksimal yakni empat unit lapas kelas satu, rumah tahanan, lapas narkoba, rumah sakit cipinang. Rumah tahanan bahkan sudah dikembangkan menjadi tiga lantai.

"Sampai saat ini memang kapasitasnya itu sudah over," kata Untung dalam acara Peluncuran Model Konseling Pelaku Kekerasan Dalam Rumah Tangga di Hotel Atlet Century, Jakarta, Selasa 13 Januari 2009.

Eks Sespri Sekjen Ungkap BAP KPK Bocor ke Pejabat Kementan

Ditambahkan Untung, rencananya Pemerintah Daerah DKI Jakarta akan memberikan tanah seluas 5 hektar di Cianger, perbatasan Jakarta dan Banten, kepada Direktorat Lembaga Pemasyarakatan. Saat ini penyerahan tanah masih dalam proses dan menunggu pengesahan.

Di tanah tersebut, jelas Untung akan dibangun lembaga pemasyarakatan. Bagaimana dengan Cipinang?  "Rencananya yang di cipinang akan dijadikan rumah tahanan-rumah tahanan. Yang jelas rutan itu harus dekat dengan pengadilan," tambah dia.

Sebelumnya, Kepala Lembaga Pemasyarakatan kelas I Cipinang, Haviluddin mengatakan kapasitas penjara Cipinang yang 1380 orang, saat ini dihuni hampir 2700 orang.

Tahanan dan narapidana terpaksa disatukan jadi satu sel. Bahkan, satu sel bisa berisi dua kali lipat dari jumlah penghuni normal.

Banyaknya jumlah tahanan berpengaruh pada pengamanan. Sebab, jumlah aparat pengamanan saat ini ada sekitar 160 orang personil atau berbanding 1:70 dengan jumlah tahanan. Padahal, Idealnya 1:20.

Pemkot Tangsel rapikan kabel fiber optik yang semrawut

Rapikan Kabel Fiber Optik Semrawut di Tangsel, Ini 5 Titik yang jadi Sorotan Pemkot

Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan turun tangan langsung dalam melakukan imbauan dan penindakan semrawutnya kabel fiber optik.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024