Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Menteri Purnomo pun Didesak Mundur

VIVAnews - Anggota Komisi Bidang Pertahanan Keamanan dan Luar Negeri Dewan Perwakilan Rakyat mendesak Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Purnomo Yusgiantoro dicopot dari jabatannya. Desakan ini terkait terbakarnya tanki raksasa di Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara.

"Pertama Menteri Yusgiantoro harus dipecat. Kedua, Dirut Pertamina (Ari H Soemarno) harus diganti," ujar anggota Komisi Pertahanan dari Fraksi PAN, Djoko Susilo di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat, Jakarta, Senin, 19 Januari 2009.

Djoko mencurigai, kebakaran Plumpang ini terdapat unsur-unsur untuk melemahkan sendi-sendi keamanan nasional. Apalagi, Djoko melanjutkan, insiden terbakarnya tank berkapasitas 5 ribu kiloliter Premium ini terjadi menjelang Pemilu 2009.

"Kami mempertanyakan keamanan internal Pertamina dan posisi pemerintah tentang penjagaan tempat-tempat semacam itu. Seharusnya, Plumpang sudah menjadi bagian dari objek vital strategis," ujar Djoko.

Djoko menuding adanya kelalaian dalam insiden terbakarnya Depo pemasok bahan bakar untuk wilayah Jabodetabek dan sekitarnya itu. Polisi dan Badan Intelijen Negara didesak untuk menyelidiki adanya kemungkinan sabotase dalam insiden kebakaran itu. "Kalau suatu tempat penyimpanan yng besar seperti itu sampai terbakar, jelas bahwa manajemen keamanan di Pertamina sangat buruk," ujar Djoko mengkritik.

Arti dan Peran Amicus Curiae yang Diajukan Megawati dan Habib Rizieq ke MK
Nikita Mirzani

Nikita Mirzani Ngaku Dapet Kekerasan dari Rizky Irmansyah, Lita Gading: Lapor Jangan Koar-koar

Kabar kandasnya hubungan asmara Nikita Mirzani dengan Rizky Irmansyah masih jadi sorotan publik. Pasalnya, Nikita Mirzani yang beberapa tahun belakangan ini diam.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024