Berat Badan Pengaruhi Siklus Haid

VIVAnews - Bingung karena siklus haid kerap tidak teratur? Hati-hati, bisa jadi biang keladinya adalah berat badan Anda! Perubahan yang terjadi pada berat badan, ternyata berdampak serius pada siklus haid, karena sel-sel lemak punya peranan dalam produksi hormon.

Siklus datang bulan tidak teratur merupakan salah satu keluhan seputar organ reproduksi yang paling sering dikeluhkan wanita. Pada umumnya siklus datang bulan berlangsung 28 hari, tetapi pada sebagian wanita siklus tersebut tidak sama, antara 20 dan 35 hari. Siklus menstruasi ditentukan oleh kerja hormon estrogen dan progesteron serta faktor psikologis, fisik, gaya hidup, dan pola makan.

Agak sulit mencari penyebab ketidaklancaran siklus haid. Namun, penyebab terbanyak dari tidak normalnya menstruasi di antaranya adalah ketidakseimbangan hormon dan stres.

Namun, diet berlebihan dan obesitas juga kerap mengacaukan periode haid. Karena itulah perlu dilakukan pemeriksaan cermat, bisa jadi berat badan yang naik turun bisa mempengaruhi siklus haid Anda.

Jadi, mulailah cek perubahan berat badan!

- Bila berat badan naik > 5 kg secara drastis
Dampak: Kemungkinan masa haid lebih lama dan darah yang keluar lebih banyak, karena ketidakseimbangan hormon  akibat perubahan metabolism.
Solusi: Lakukan aerobik selama 20 menit, tiga kali seminggu, agar siklus haid Anda kembali teratur

- Jika berat badan turun > 5 kg secara drastis   
Dampak: Siklus haid Anda menjadi kacau, karena menurunnya produksi estrogen dalam tubuh
Solusi: Cobalah untuk meningkatkan berat badan, menambah porsi asupan makanan dan rutin berolahraga. Jika perlu, berkonsultasilah pada ahli gizi

- Bila berat badan turun naik > 5 kg, selama tiga bulan terakhir
Dampak: Haid sering terlambat (karena kacaunya proses produksi hormon).
Solusi: Hindari syndroma yo-yo dengan menjalani program diet yang seimbang.

Polres Malang Bongkar Home Industry Sabu di Jatim
Wilayah kerja migas lepas pantai yang dikelola Medco Energi.

Medco Energi Resmi Divestasi Seluruh Sahamnya di Ophir Vietnam Block 12W B.V

PT Medco Energi Internasional Tbk (MedcoEnergi) mengumumkan penyelesaian divestasi seluruh kepemilikan sahamnya di Ophir Vietnam Block 12W B.V. (OVBV).

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024