Pengguna Internet Dunia Tembus 1 Miliar


VIVAnews -- Makin banyak saja jumlah populasi netizen (internet citizen) alias penduduk dunia maya.

Menurut laporan terkini dari spesialis survei pasar internet ComScore, penggunaan internet global telah mencapai lebih dari 1 miliar pengunjung unik (unique visitor) sepanjang bulan Desember 2008.

Penelitian Comscore mengambil sampel responden yang berusia di atas 15 tahun, yang mengakses Internet melalui komputer di rumah ataupun kantor, selama sebulan.

Dari jumlah tersebut sebesar 41,3 persen atau sekitar 413 juta pengguna Internet berasal dari wilayah Asia-Pasifik.

Ramalan Zodiak Rabu 11 April 2024: Virgo Tidak Merasakan Keromantisan, Sagitarius Bertemu Jodoh

Eropa berada di posisi kedua dengan 28 persen atau sekitar 280 juta pemakai internet. Setelah itu, Amerika Serikat menyusul di posisi ketiga dengan 18,4 persen atau kurang lebih 184 juta pengguna.

"Tapi, Amerika Latin sebentar lagi akan menjadi perhatian," ujar Jamie Gavin, analis senior ComScore, seperti dikutip dari situs CNET, Senin 26 Januari 2009.

Pasalnya, di saat pertumbuhan pengguna internet di Amerika Serikat mandek, internet justru menjadi 'mainan baru' di wilayah Amerika Latin.

"Jejaring sosial dan mobile Internet menjadi sesuatu yang baru dan diperkirakan bakal menemukan momentumnya pada beberapa tahun ke depan," kata Gavin.

Kini Amerika Latin hanya memiliki 7,4 persen pengguna internet global atau setara dengan sekitar 74 juta pengguna, Menurut Gavin, populasi memegang peran yang sangat besar dalam hal jumlah audiens pengguna internet di suatu wilayah.

Buktinya, China menjadi negara yang memiliki jumlah pengguna internet terbesar, tak hanya di Asia Pasifik tetapi juga di tingkat dunia. Negara ini memiliki 17,8 persen pengunjung unik.

Prakiraan BMKG: Jakarta Diguyur Hujan pada Siang hingga Malam Hari

Adapun Amerika Serikat, menyusul di peringkat kedua dengan sekitar 16,2 persen. Kemudian, Jepang menyusul di nomor tiga dengan enam persen pengguna internet.
 
Lebih jauh, Google menjadi raksasa Internet global yang paling sering dikunjungi dengan 77 persen pengunjung, nyaris mencapai 776 juta pengunjung.

Sementara itu, website Microsoft dan Yahoo menyusul di posisi dua dan tiga yang masing-masing menguasai 64,2 persen dan 55,8 persen. Dari laporan yang sama, AOL LLC bertengger di posisi empat dengan pangsa sebesar 27,1 persen.

Santai Tapi Menohok! Zara Balas Kritikan Netizen Soal Foto Tanpa Hijab
Warga di Demak merusak jembatan agar truk sound system bisa lewat

Heboh Warga Demak Rusak Jembatan Agar Truk Bisa Lewat, Polda Jateng Angkat Bicara

Polisi mengamankan sebanyak 10 orang warga Desa Babad, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Demak karena merusak jembatan agar truk sound system busa masuk.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024