Jamkesmas Selamatkan Uang Negara Rp 1,5 T

VIVAnews - Sistem jaminan kesehatan masyarakat (jamkesmas) dianggap sistem terbaik. Selain memberikan jaminan kesehatan untuk masyarakat kurang mampu, sistem pembayarannya pun efektif, mengurangi resiko uang ditilep.

Sebab, pembayaran dari kas negara langsung ke rekening rumah sakit. "Tanpa melalui tangan-tangan manusia. Karena tangan manusia seperti ada lemnya," kata Menteri Siti Fadilah di Rumah Sakit Husada, Jakarta Pusat, Kamis 29 Januari 2009.

Siti Fadilah mengaku hingga akhir 2008, uang negara sebesar Rp 1,5 triliun diselamatkan dengan sistem pembayaran langsung tersebut. "Uang kita bahkan masih ada sisa. [jamkesmas] Itu membuat rakyat kita senang dan rumah sakit pun senang," tambah dia.

Sebelum sistem pembayaran langsung diterapkan, tambah Siti Fadilah, Departemen Kesehatan pusing. "Memikirkan utang-utang pada rumah sakit yang belum terlunasi," kata dia. "Dengan penerapan jamkesmas, rumah sakit tidak ada yang teriak-teriak menagih."

Siti Fadilah mengimbau rumah sakit untuk tidak membedakan antara pasien kaya dan peserta jamkesmas yang tak mampu. "Jangan nanti jika pasiennya kelihatan kaya, senyumnya lebar. Tapi, kalau dia orang miskin, senyumnya itu ke depan [cemberut] ", ujar dia, disambut gelak tawa hadirin.

Isi Ramalan Prabu Jayabaya yang Sebut Cerminkan Pemimpin Indonesia
Lee Mijoo Lovelyz.

Plot Twist, Lee Mijoo Jalin Asmara dengan Pesepakbola Top Song Bum-keun

Biz Enter melaporkan Lee Mijoo mengunjungi Jepang untuk bertemu dengan Song Bum-keun yang saat ini sedang merumput di salah satu klub sepakbola di Jepang, Shonan Bellmare

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024