Proses Pembayaran STNK Melalui ATM

VIVAnews - Bagi Anda pemilik kendaraan tidak perlu repot lagi ke Kantor Samsat jika ingin memperpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan. Mulai Senin, 9 Februari 2009, pekan depan, perpanjangan STNK bisa dilakukan lewat mesin ATM.

Pimpinan Bank DKI cabang Samsat Jakarta Selatan, Zulfarshah, menjelaskan tata cara pembayaran pengesahan dan perpanjangan STNK melalui sistem online tersebut.

Pertama, pemilik STNK mengambil formulir di loket I Samsat di wilayahnya. Formulir diisi dan pemilik wajib melengkapi berkas diminta. Setelah rampung, formulir dan berkas diserahkan ke loket IA atau IB.

Selanjutnya, pemilik STNK mengambil nomor antrean di mesin. Di saat yang sama, petugas korektor melakukan entry data dan pencocokan berkas. Tahap ini menentukan apakah berkas disetujui atau tidak. Bila disetujui, maka akan memperoleh paraf dari tiga instansi, yakni Polisi, Pemda dan Jasa Raharja.

Setelah memiliki nomor antrean, kembali ke loket IA dan mengambil notice besar beban pembayaran. Lakukan pembayaran sesuai notice di ATM Bank DKI dengan langkah sebagai berikut,
1. Masukan kartu ATM Bank DKI ke dalam slot card mesin ATM.
2. Tekan nomor pin ATM Anda.
3. Pilih menu utama di antara menu penarikan yang ada.
4. Dalam menu utama terdapat beberapa pilihan menu.  Pilihlah menu pembayaran.
5. Pilih menu STNK, di antara menu pembayaran lainnya.
6. Setelah masuk ke menu STNK, masukkan nomor plat kendaraan Anda sesuai yang tertera dalam notice.
7. Pada layar akan muncul jumlah tagihan, pengesahan atau perpanjangan STNK lalu Anda tinggal mencocokan jumlah tagihan pada layar dengan jumlah tagihan pada notice. Jika cocok tinggal tekan tombol lanjutkan.
8. Akan keluar struk bukti pembayaran yang selanjutnya akan divalidasi oleh kasir Samsat.
9. Ambil STNK Anda.

Pembayaran lewat ATM hanya mengalihkan tahap lama, yang semula terkonsentrasi ke loket pembayaran. Namun, fasilitas ATM akan mempermudah dan meningkatkan keamanan para wajib pajak.

Wajib pajak tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak saat melakukan perpanjangan STNK. Selain itu, pembayaran online juga meningkatkan transparansi dan meminimalisir praktek percaloan.

Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu
TikToker Galih Loss

Pengakuan TikToker Galih Loss Soal Video Diduga Menistakan Agama: Saya Menyesali Semua

Galih Loss menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh umat muslim atas konten yang dibuatnya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024