BEI Usut 4 Perseroan Terkait Chain Listing

VIVAnews - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) sedang mengusut tuntas laporan keuangan PT Multipolar Tbk (MLPL), PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA), PT Global Mediacom Tbk (BMTR), dan PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN). Keempat emiten itu terindikasi terkait pencatatan berantai (chain listing).

MS Sembiring, direktur pengembangan dan perdagangan BEI mengatakan, saat ini tim pencatatan BEI tengah mempelajari laporan keuangan empat perseroan secara internal. "Tim kami (pencatatan) sedang mempelajari kasus tersebut," ujarnya saat ditemui di Gedung BEI Jakarta, Senin, 23 Februari 2009.

Berdasarkan laporan keuangan triwulan III-2008, Matahari mengkontribusi pendapatan induk usahanya (Multipolar) lebih dari 90 persen. Hal yang sama juga terjadi pada Media Nusantara Citra pada Global Mediacom.
 
Dia menambahkan, bila hasil penelusuran itu membuktikan bahwa kedua perusahaan terkena chain listing, otoritas bursa akan memeriksa lebih lanjut terhadap peerusahaan itu.

Sembiring menuturkan, kriteria chain listing tidak hanya berdasarkan pendapatan perusahaan. Namun, otoritas bursa mempertimbangkan proses bisnis kedua usaha tersebut, terutama apakah kepemilikan anak usaha berasal dari akuisisi.

Dia mengakui, aturan chain listing saat ini memang belum tertulis secara detail tapi pihaknya telah mencantumkan aturan tersebut pada draf aturan pencatatan BEI yang saat ini sedang dibahas di Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK). "Pada draf itu otoritas bursa mempertajam parameter aturan chain listing," ujar Sembiring.

Sembiring mengatakan, aturan itu berasal dari pembelajaran otoritas bursa pada kasus PT Apexindo Pratama Duta Tbk (APEX) dan PT Mitra Rajasa Tbk (MIRA). "Kondisi pasar modal setiap saat berkembang, sehingga peraturannya juga bisa berubah," tutur dia.

Dia menuturkan, otoritas bursa berharap draf peraturan pencataan bisa rampung sesuai target BEI dari sebelumya April 2009, beserta aturan lain seperti perdagangan dan keanggotaan.

Keren! Mbah Wahyuni, Pendaki Berusia 71 Tahun yang Sudah Taklukkan Banyak Gunung di Indonesia
Kris Dayanti

Bulu Mata, Salah Satu Kunci Penampilan Kris Dayanti

Meskipun telah menikah selama beberapa tahun, Kris Dayanti menegaskan pentingnya menjaga penampilan dan kebersihan diri di hadapan suami.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024