Preview PSIS Semarang vs Deltras Sidoarjo

Laga Penawar Luka

VIVAnews - PSIS Semarang coba meneruskan tren positif saat menjamu Detras Sidoarjo, Sabtu, 18 Oktober 2008. Tak ada kata lain buat skuad Bambang Nurdiansyah ini selain menang dalam laga yang ditayangkan langsung antv mulai pukul 15.30 WIB ini.

Dua pertandingan terakhir lanjutan Liga Super Indonesia (LSI) berhasil dilewati PSIS Semarang tanpa kekalahan. Di Stadion Jatidiri, Semarang, Gaston Castano cs berhasil menahan seri 1-1 PSMS Medan dan mengalahkan PSM Makassar 1-0.

Namun tren positif itu belum membuat hati pelatih PSIS, Bambang Nurdiansyah tenang. Pelatih yang hijrah dari Arema Malang itu berharap mental pemainnya bisa stabil saat menjamu Deltras Sidoarjo di Stadion Jatidiri, Semarang.

Nilai Demokrasi Mau Luntur, Front Penyelemat Demokrasi Ikut Ajukan Amicus Curiae ke MK

”PSIS saat ini dihuni oleh pemain yang minim pengalaman. Karena itu dalam setiap pertandingan performa masih labil. Kadang bagus kadang tidak,” kata Bambang ketika dihubungi VIVAnews, Kamis, 17 Oktober 2008.

Masuk akal bila Bambang khawatir dengan mental tanding punggawa-punggawanya. Sebab, selama tampil di LSI 2008, PSIS belum pernah merebut dua kemenangan berturut-turut. Setelah mengalahkan Persipura Jayapura, 10 September 2008 lalu, performa PSIS justru kembali  menurun.

”Saya menyiapkan tim ini dengan persiapan Liga Super. Pertandingan bukan sekali saja. Karena itu, habis bertanding saya selalu melakukan evaluasi. Meski tak sempurna, kekurangan yang terlihat saat bertemu PSM sudah kami perbaiki,” beber Bambang.

Memang tak mudah bagi PSIS untuk melanjutkan tren positif pada pertandingan besok. Sebab, saat bertemu The Lobster --julukan Deltras--, PSIS harus kehilangan sang kapten, Idrus Gunawan akibat akumulasi kartu kuning.

”Hal itu tak masalah karena sudah ada penggantinya. Yang penting pemain bisa tampil stabil pada pertandingan besok,” kata Bambang.

Bagi PSIS, pertandingan ini sebenarnya punya makna ganda. Selain untuk mendongkrak posisi di klasemen sementara, poin absolut juga akan menjadi penawar luka para pendukungnya yang terpaksa absen untuk dua pertandingan PSIS selanjutnya.

Komisi Disiplin (Komdis) PSSI telah menjatuhkan sanksi dua pertandingan tanpa penonton kepada PSIS. Hukuman itu merupakan buntut dari kerusuhan yang terjadi saat PSIS menjamu PSMS Medan, Kamis, 9 Oktober 2008.

Beruntung keputusan Komdis baru keluar Rabu, 15 Oktober 2008 lalu. Jarak terlalu mepet dengan jadwal pertandingan membuat BLI memutuskan hukuman baru efektif berlaku setelah pertandingan besok.

Akibat kerusuhan itu, PSIS juga harus kehilangan Manajer Yoyok Sukawi. Yoyok diskorsing enam bulan oleh Komdis karena telah berusaha menyerang wasit pada saat turun minum.

”Saya pikir sanksi yang menimpa panpel dan manajer pasti mempengaruhi tim. Tapi, kami berharap kehadiran suporter hari ini bisa memberi motivasi lebih bagi anak-anak,” tandas Bambang.

Pertaruhan Mamak

Sementara itu, Deltras juga tak ingin melepas pertandingan kali ini. Setelah dilatih oleh pelatih baru M. Zein ‘Mamak’ Alhadad, The Lobster belum juga menunjukkan peningkatan.

Saat pertama kali mamak masuk Deltras, Marwal Iskandar cs dipaksa menelan kekalahan 1-2 dari Persijap. Sedangkan pada dua laga terakhirnya, Deltras hanya mampu menahan imbang Persita Tangerang 1-1 dan tumbang di tangan Pelita Jaya 1-2. 

Kondisi ini tentu saja memberikan tekanan bagi Mamak. Sebab, suara-suara keraguan dari manajemen sudah mulai terdengar.

”Kemenangan datang tidak mudah. Tapi, saya yakin segera bisa menghadirkan kemenangan bagi Deltras,” ujar Alhadad. 

Prediksi Susunan Pemain
PSIS Semarang (3-5-2):
Agus Murod (g); Anwaruddin, Edson Leonardo, Hery Susilo; Ilham Asdat, Pranada Aditya, Fery Ariawan, Sapto Widiantoro, Deny Rumba;  Basile Onambele, Gaston Castano

Deltras (3-5-2): A. Nurosadi (g); Firmansyah, Christian Rene, Bayu Sutha; Firdaus Nyong, Carlos Begottini, Nanang Hendrawan, Juan Revi Auriqto, Dwi Joko;  Boy Jati Asmara, Dede Hugo

Detik-detik Pengemudi Zenix Lawan Arah di BSD, Diingatkan Malah Marah
Donald Trump sata menjalani sidang suap

Donald Trump Ketiduran saat Jalani Sidang Kasus Suap

Mantan presiden Amerika Serikat Donald Trump dikabarkan ketiduran saat menghadapi persidangan pertamanya tentang kasus suap yang ia jalani di pengadilan New York. Ini ada

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024