Golkar Raih 15% di Survei LSI

Jusuf Kalla: Begitu Dengar 2,5% Kader Meledak

VIVAnews - Ketua Umum Partai Golkar, Jusuf Kalla, tak terkejut dengan hasil survei dari Lembaga Survei Indonesia. Meski Golkar berada di tempat ketiga dengan perolehan 15 persen, Kalla tetap menganggapnya peningkatan.

"Bagus itu, berarti ada peningkatan," kata Kalla usai salat Jumat di kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat 27 Februari 2009.

Peningkatan karena pada survei Oktober 2008, Golkar ditemukan hanya dipilih 11 persen. Desember 2008, Golkar dipilih 13 persen. Kemudian survei terbaru ini, Februari 2009, Golkar naik lagi jadi 15 persen.

Menurut Kalla, masih ada kesempatan lagi bagi Golkar untuk menaikkan perolehannya. Selain itu, dengan angka 15 persen yang jauh di bawah perolehan Pemilu 2004 yang 21 persen, tentu kader-kader Golkar jadi terpacu. "Coba begitu (dengar) 2,5 persen, (kader) langsung meledak," katanya.

Dalam survei LSI terbaru itu, di tempat pertama, Demokrat meraih 24,3 persen dukungan dari 2.455 responden. Tempat kedua adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dengan perolehan 17,3 persen. Golkar di tempat ketiga 15,9 persen.

Berikutnya Partai Keadilan Sejahtera 5,7 persen, Partai Kebangkitan Bangsa 5 persen, Partai Persatuan Pembangunan 5 persen, Partai Gerakan Indonesia Raya 4 persen, Partai Amanat Nasional 4 persen, Partai Hati Nurani Rakyat 2 persen, Partai Kebangkitan Nasional Ulama 1 persen dan Partai Bulan Bintang 1 persen. Partai lainnya memperoleh suara di bawah 1 persen.

Margin of error survei ini lebih kurang 2,4 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Responden diambil berdasarkan multistage random sampling yang tersebar di 33 provinsi. Responden berumur lebih dari 17 tahun.

Kelebihan Pakai Essential Oil, Hadirkan Kekuatan Alam dalam Kehidupan Sehari-hari
Ilustrasi bendera PDIP

KPU Tetapkan Dua Caleg PDIP dari Dapil Jakarta 10 Melenggang ke DPRD DKI

Dalam kontestasi Pemilu Legislatif 2024, ada tujuh orang calon anggota legislatif petahana berhasil mempertahankan kursinya di DPRD Provinsi Jakarta dari daerah pemilihan

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024