Belanja Cerdas Saat Sale

Tanya:
Minggu ini, hampir semua pusat perbelanjaan menawarkan sale besar-besaran. Saya selalu menyambut ‘pesta’ diskon ini. Sayangnya, saya sering kebablasan belanja. Apa tips berbelanja saat sale, agar anggaran belanja tidak membludak?

Ftrixxx@gmail.com

Jawab:
Memang ketika pesta diskon tiba,mal-mal di Jakarta berdandan secantik mungkin,sehingga membuat para pengunjung tertarik berbelanja. Simak beberapa tips yg bisa membuat acara belanja Anda tetap seru, tapi tidak sampai kebablasan:

1. Buat list ‘the must have item’ yang berisi 1 atau 2 barang yang Anda harus punya. Misalkan,sudah lama Anda naksir sepatu Manolo Blahnik di mal tertentu. Tetapkan hati jika nanti ada pesta diskon di mal tersebut, Anda harus memiliki sepatu impian tersebut.  Isi list Anda dengan beberapa item yang Anda butuhkan. Misalnya, tas Anda sudah mulai rusak.

2.Buat penelitian kecil- kecilan di mal. Perhatikan sebelum mal tersebut pesta diskon, berapa harga barang impian Anda. Nah, ketika ada sale, cek lagi, apakah barang tersebut benar- benar di-diskon atau hanya di-diskon ‘bohong bohongan’. Jadi, kita juga lebih smart dalam berbelanja.

3. Berbekal list dan informasi harga barang sebelum dan sesudah diskon, bawa uang secukupnya. Pakai rumus ini, jumlahkan anggaran belanja barang impian, anggaran makan di mal, uang parker, dan uang bensin. 

TPP ASN Pemkot Semarang Akan Dipotong 15 Persen per Hari jika Bolos Usai Lebaran

Tinggalkan semua kartu kredit dan kartu debet Anda di rumah. Memang  ada istilah, "Credit card, don't leave home without it" Tapi, kalau sedang pesta diskon sebaiknya gunakan istilah, “Credit card, just leave at home". Jadi, mau tdk mau, Anda benar- benar belanja sesuai dengan uang yang  dibawa.

Konsultan:
Fauziah Arsiyanti Fauzan
Financial planner dari First Principal Financial Singapore

Barang Kiriman TKI Bebas Pajak Bakal Naik Jadi Maksimal US$2.800 per Tahun
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Ratas Bahas Geopolitik, Airlangga: Cadangan Devisa Kita Masih Kuat

Presiden RI Jokowi bersama sejumlah menterinya termasuk Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menggelar ratas bahas dampak geopolitik Iran vs Israel.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024