Superpeformance Roush MKIII

Cobra Berkekuatan 567 Tenaga Kuda

Polisi Antisipasi Macet di Jadetabek Karena Mudik Lokal di Hari Lebaran

VIVAnews – Replika generasi terbaru Mustang Cobra telah hadir. Namanya Superformance Roush MKIII. Kerja bareng Superformance dan Roush, sukses medongkrak tenaga mesin mobil special edition itu hingga 567hp (429kW). Dijamin, dengan kekuatan sebegitu besar, mobil ini mampu merayap dengan sangat cepat di jalanan.

Replika ini adalah 'reinkarnasi' dari Superformance MKIII, model dibuat khusus untuk ajang Specialty Equipment Market Association (SEMA) tahun lalu.

Berpantun, Dubes Iran Ucapkan Selamat Idul Fitri Bagi Rakyat Indonesia

Superformance, yang merupakan produsen perlengkapan replika mobil-mobil Shelby Cobra, berperan dalam membentuk tampilan sasis dan bodi. Dalam even-even SEMA, perusahaan ini biasa menjual bodi dan sasis gelondongan tanpa mesin dan transmisi.

Sementara Roush, salah satu rumah produksi yang khusus menangani performa mobil-mobil Ford, lebih fokus pada urusan dapur pacu replika ini.

Momen Jokowi-Ma'ruf Amin Salat Id di Istiqlal

Dalam duetnya, semua tampilan asli MKIII dirombak Superformance untuk membentuk standar sasis MKIII yang baru. Hal itu dilakukan agar mesin 427ci (7.0L) V8 yang berbobot hampir 1,2 ton, bisa ditempatkan Roush dengan leluasa.

Sedangkan mesin 427 IR yang asli bawaan mobil tersebut, disingkirkan. Roush lebih memilih utuk menyuntikkan mesin 427ci yang relatif lebih ringan untuk menyesuaikan dimensi dan estetika Shelby Cobra.

Tak hanya mesin, Roush juga meninggalkan jejaknya pada emblem, knob tongkat persneling, karpet lantai dan sayap. Setidaknya, dengan perubahan-perubahan itu, ke depan Superformance tak akan lagi menjual mobil gelondongan tak bermesin. Sebab MKIII hasil kolaborasinya dengan Roush—yang akan diproduksi terbatas itu—memiliki banyak fitur spesial yang membuat tampilannya berbeda dengan replika MKIII terdahulu.

Fitur-fitur baru itu antara lain custom disc brake rakitan Wilwood yang berlubang, untuk mengimbangi kekuatan mesin dari sisi pengereman. Peredam kejut Bilstein dan pegas dari H&R Springs juga dipasangkan untuk meningkatkan kenyamanan dan membuat handling agar lebih terkontrol, mendampingi velg 18" yang dibalut karet produksi Michelin.

Saat meracik konstruksi bodi dengan warna khusus mreah terang yang berbalut hitam krom, Superformance memilih untuk menggunakan fiberglass. Sedangkan rangkanya, dipakai baja segi empat berukuran 2x4 inchi (5cm x 10cm) yang disusun pararel seperti tangga. Untuk meningkatkan faktor keamanan dan keselamatan, disuntikkan pula pipa-pipa baja pada bagian depan dan belakang.

Kendati membenamkan banyak fitur tambahan, sang kreator tetap berusaha mempertahankan bentuk asli Mustang Cobra yang khas. Misalnya dengan tetap mempertahankan konstruksi stir dan instrumen lain yang secara khusus diproduksi Smith of England. Untuk menambah kenyamanan pengemudi, telah dibuat jok sulaman yang dibuat khusus untuk sang Cobra.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya