Penyalahgunaan Frekuensi

Direktur Ghetto FM Ditangkap

Eko Pujianto, seorang direktur stasiun radio Ghetto di kabupaten Nganjuk dipenjara akibat menggunakan frekuensi radio tanpa izin. Ia divonis membahayakan komunikasi radio penerbangan.

Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Penistaan Agama Terkuak, Ternyata Buat Cari Endorse

Pada 28 Oktober silam, Balai Monitoring Frekuensi Radio Ditjen Postel Surabaya telah melaporkan kepada Dirjen Postel tentang hasil persidangan di Pengadilan Negeri Nganjuk perkara itu.Di persidangan tersebut, dalam keputusan Majelis Hakimnya No. 334/Pid.B/2008/PN.Ngjk tertanggal 25 Oktober 2008 telah memutuskan, bahwa Eko Pujianto terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana tersebut.

"Kami tidak mau mengambil risiko sekecil apapun untuk melakukan tindakan tegas terhadap pihak manapun yang diduga telah terbukti menggunakan frekuensi radio yang membahayakan komunikasi radio penerbangan," kata Gatot S. Dewa Broto, Kepala Bagian Umum dan Humas Ditjen Postel, dalam keterangan resminya, Senin 10 November 2008. Lebih lanjut dia mengatakan aturan itu juga berlaku untuk keperluan lain. Menurut Gatot, semuanya tetap ditertibkan sejauh ditemukan melanggar ketentuan yang berlaku, baik frekuensi radio untuk penyiaran maupun untuk keperluan jasa telekomunikasi.

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Adapun pasal yang dilanggar oleh Eko Pujianto adalah Pasal 55 jo Pasal 38 Sub Pasal 53 jo Pasal 33 ayat (1) dan ayat (2) UU Telekomunikasi. "Hukuman yang dijatuhkan berupa pidana penjara selama empat bulan dikurangi masa tahanan selama satu bulan dan Majelis Hakim juga telah menetapkan agar terdakwa tetap ditahan serta merampas dan menyita barang bukti untuk dimusnahkan, yakni satu unit antena pengarah VHF beserta konektor coaxial cable, satu unit pemancar radio link, dan satu unit equalizer/excster," urai Gatot.

Kendati persoalan serupa sering terjadi dan diproses di Pengadilan Negeri di beberapa kota, tetapi dampak pada adanya hukuman pidana penjara kecil persentasenya.

Jawaban Menohok Chandrika Chika saat Hendak Dibawa ke BNN Lido
Rizky Nazar

Bantah Selingkuh, Rizky Nazar Tantang Netizen Buktikan Video Ciuman dengan Salshabilla Adriani

Kabar dugaan perselingkuhan Rizky Nazar dan Salshabilla Adriani menghebohkan publik hingga menjadi trending topik di media sosial. Bagaimana tidak, banyak netizen geram.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024