Preview Prancis vs Argentina

Prancis Pembuktian Maradona

VIVAnews - Satu lagi duel pemanasan yang akan menyedot perhatin pemerhati sepakbola. Timnas Argentina akan menyambangi Kota Marseille guna menghadapi tuan rumah Prancis, Kamis WIB, 12 Februari 2009.

Ini akan menjadi ajang ujicoba maha penting bagi pelatih baru Argentina, Diego Armando Maradona. Pasalnya, sejak ditunjuk melatih Lionel Messi cs, praktis hanya kemenangan 1-0 atas timnas Skotlandia yang dapat dibanggakan Si Boncel.

Namun, Maradona tetap pantas berbangga. Meski terbilang jarang bertemu, tapi rekor pertemuan Argentina atas Prancis terbilang sempurna. Dari dua pertemuan, Argentina selalu berhasil menaklukkan kampiun Piala Dunia 1998 ini.

Pertemuan perdana kedua raksasa Eropa (Prancis) dan Amerika Latin (Argentina) ini terjadi pada 1930 silam. Pada Piala Dunia yang digelar di Uruguay itu, Argentina berhasil unggul 1-0.

Sedangkan pertemuan kedua terjadi di laga persahabatan pada 2007 lalu. Saat itu, Albiceleste kembali mencatat keunggulan 1-0 lewat gol Javier Saviola.

Bayang-bayang Bilardo & Menotti

Bayang-bayang mengulang kesuksesan pelatih Carlos Bilardo dan Cesar Luis Menotti memang menjadi ganjalan utama bagi Maradona. Kesuksesan Bilardo mengantarkan timnas Argentina menjadi kampiun di Piala Dunia 1986 terus didengunkan publik Evita Peron itu.

Kata Jay Idzes Usai Gabung Timnas Indonesia, Ungkap Pemain Ini Paling Membantu

Tak hanya itu, Maradona juga banyak dihubungkan dengan sosok Menotti yang sukses memberikan gelar prestisius itu pada 1978 silam.

Menariknya, di skuad Bilardo itu, sosok Si Boncel juga menjadi senjata utamanya. Namun, Maradona mengaku tidak ingin selalu dibanding-bandingkan dengan mantan pelatihnya itu. Maradona mengaku ingin menjadi dirinya sendiri tanpa embel-embel apapun Bilardo ataupun Menotti.

"Bilardo mempunyai kelebihan dalam taktik dan Menotti lebih unggul dalam motivasi. Memadukan dua gaya itu tentu akan menjadi sempurna. Menotti telah merasakan momen itu dan Bilardo juga dan sekarang saya juga akan melakukannya," beber Maradona seperti dilansir soccerway, Selasa, 10 Februari 2009.

"Saya ingin menjadi diri saya sendiri dan saya tidak ingin dibandingkan dengan siapapun," tutupnya.

Anggota KPU RI August Mellaz

KPU Siap Lanjutkan Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024 untuk Maluku dan Jabar

KPU RI akan melanjutkan rekapitulasi hasil pemilu 2024 di tingkat nasional. Dua provinsi yakni Jawa Barat dan Maluku yang sudah siap.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024