Jepang dan Korea Kurangi Permintaan LNG

VIVAnews - Krisis ekonomi global membuat daya beli konsumen gas Indonesia di luar negeri seperti Jepang dan Korea menurun. Jepang 'menolak' pasokan LNG dari Bontang.

Vice President LNG Business Pertamina Hari Yulianto mengatakan Jepang saat ini sudah kelebihan stok Liquid Natural Gas (LNG/ gas alam cair) karena kegiatan perekonomiannya menurun.

"Saat ini Jepang minta tidak mampu lagi menerima pengiriman LNG dari Bontang karena krisis global," ujar dia disela Diskusi Panel Asia Pacific LNG Prospect bertajuk Indonesia LNG Project: Opportunities dan Challenges di Morocco House, Jakarta, Jumat 13 Maret 2009 .

Menurut dia, Jepang meminta pengurangan hingga enam kargo. Namun, kata Hari, Jepang komitmen untuk mengalihkan kewajiban kontraknya ke negara lain. Tetapi belum dapat ditentukan negara tujuan pengalihan tersebut. "Sekarang masih negosiasi termasuk soal harga," kata dia.

Selain Jepang, Hari menjelaskan Korea yang juga merupakan pengimpor LNG dari Indonesia meminta pengurangan kiriman LNG dengan jumlah sama karena krisis global. Sekedar diketahui, tahun ini Indonesia memiliki kewajiban mengekspor 309 kargo LNG ke Jepang dan Korea dari Kilang Bontang.

Selain Narkoba, Ini Deretan Kontroversi Selebgram Chandrika Chika
Chandrika Chika.

5 Fakta Selebgram Chandrika Chika Jadi Tersangka Kasus Narkoba

Kabar menghebohkan datang dari selebgram Chandrika Chika yang resmi ditetapkan sebagai tersangka dalam dugaan kasus narkoba. Chika dicokok oleh polisi bersama lima orang.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024