Ribuan Orang Ikuti Tradisi Persiapan Nyepi

VIVAnews - Ribuan umat Hindu di Bali mengikuti tradisi Melasti ke Tengah Laut, sebagai rangkaian perayaan Nyepi Tahun Baru Saka 1931, yang jatuh pada Kamis, 26 Maret 2009 mendatang. Menasti atau Ngelarung ke laut ini sebagai simbol pembersihan para dewa sebelum menuju ke titik hening pada Nyepi mendatang.

Umat Hindu di Desa Kerobokan, Denpasar ini tercatat lebih dari 150 jempana atau simbol para dewa di usung ke pantai Petitenget kerobokan, untuk proses Melasti. Sepanjang perjalanan, Jempana diiringi rangkaian sekeha atau kelompok Baleganjur atau Gembelan khas Bali.

Selanjutnya, dipinggir pantai Petitenget, warga melakukan proses keagamaan layaknya upacara agama Hindu. Simbol-simbol dewa ini kemudian dimandikan secara simbolis, sehingga setelah tradisi melasti ini para dewa akan suci dan bersih, sehingga benar-benar hening pada 26 Maret mendatang.

Usai sembahyang, tidak sedikit warga Hindu yang kesurupan. dalam nadanya, mereka intinya para dewa mengaku senang, dan meminta umat Hindu di seluruh Indonesia untuk melaksanakan brata penyepian dengan baik.

"Brata penyepian atau empat larangan saat nyepi adalah bepergian, tidak menyalakan api, tidak bekerja dan tidak bersenang-senang," kata tokoh Hindu Kerobokan, Nyoman Dama Antara, Minggu 22 Maret 2009.

Satu hari sebelum Nyepi, nantinya umat Hindu menggelar pengerupukan yang biasanya disertai parade ogoh-ogoh atau patung raksasa. "Pas pada saat Nyepi nantinya, seluruh Bali memang benar-benar seperti pulau mati tanpa aktivitas," tuturnya.

Laporan: Agus Astapa | Denpasar (antv)

Pengakuan Shin Tae-yong Usai Jordi dan Elkan Baggott Tak Bisa Main Lawan Vietnam
Dalam Kasus penggerekan kawasan rawan peredaran narkoba, Kampung Muara Bahari Jakarta Utara, Polres Metro Jakarta Utara menetapkan tujuh tersangka dari 26 orang yang ditangkap.

Kampung Bahari Kembali Diacak-acak Polisi, 7 Bandar Narkoba jadi Tersangka

Selain berbagai jenis narkotika, polisi juga amankan senjata api rakitan, senjata tajam seperti samurai, parang, hingga celurit.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024