Pengamanan Pemilu

Polisi Tak Jamin Kekerasan Tak Akan Terjadi

VIVAnews - Jelang pemilu 2009, kekerasan dan pembunuhan makin sering diberitakan. Yang terakhir menimpa Maria Fransisca Bernadette Elen (22) yang tewas di Mal Pacific Place, Selasa, 17 Maret 2009.

Menurut Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri, Komisaris Jenderal Susno Duadji, maraknya pemberitaan peristiwa kriminal bukan pertanda tingkat kriminalitas meningkat gara-gara polisi menggelar operasi penangkapan preman. "Tak ada korelasi antara kriminalitas dengan operasi preman," kata dia di Markas Besar Kepolisian, Jalan Trunojoyo, Jakarta, Senin 5 Maret 2009.

Terkait pengemanan jelang pemilu, Susno mengatakan polisi tak bisa menjamin kekerasan tak akan terjadi. "Yang kami lakukan adalah mencegah kekerasan terjadi, misalnya dengan melakukan patroli," tambah dia. 

Eskalasi kekerasan meningkat jelang pemilu, khususnya di Nanggroe Aceh Darussalam. Menurut data Divisi Pemantauan Konflik Aceh Bank Dunia (World Bank's Aceh Conflict Monitoring) yang dilansir hari ini, sebanyak 16 orang tewas dan 47 orang luka-luka di Aceh jelang pelaksanaan pemilu.

Beberapa kasus bahkan diduga terkait dengan politik, apalagi diantara korban tewas terdapat empat anggota Partai Aceh, partai lokal Aceh yang berpartisipasi dalam pemilu. Laporan Bank Dunia juga menyebut partai politik setidaknya 13 kali dijadikan target pembakaran dan peledakan.

Aksi Heroik Petugas Damkar Selamatkan Bocah yang Kepalanya Nyangkut di Kaleng Susu
Ketua KPU Hasyim Asy'ari

Rekapitulasi KPU: Prabowo-Gibran Menang Telak di Papua Barat Daya

Hasil rekapitulasi KPU, pasangan capres-cawapres nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menang telak di provinsi paling baru, Papua Barat Daya.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024