Prosesor Multi Core

Spesifikasi dan Harga Core i5 Beredar

VIVAnews - Peta persaingan pasar prosesor makin menarik. Dalam waktu dekat, AMD akan menghadirkan prosesor tercepat mereka, sementara Intel akan memperkenalkan prosesor Westmere 32 nanometer mereka akhir tahun ini.’

Saat ini Intel mengontrol pasar prosesor desktop kelas atas dengan jajaran Core i7. Sayangnya prosesor tersebut tidak tersedia secara murah. Pasar kini menantikan turunan dari prosesor Nehalem tersebut yang harganya terjangkau, yakni Core i5. Di ajang pameran komputer terbesar yakni CeBIT, Hannover, 3-8 Maret 2009 lalu, sejumlah motherboard berbasis chipset Intel P55 sudah beredar. Tandanya, Core i5 sudah dekat.

Core i5, yang diberi kode nama Lynnfield akan menggunakan spesifikasi serupa dengan core i7, namun dengan sejumlah fitur yang dipangkas. Kanal memori ketiga dan QuickPath Interconnect dihilangkan. QPI sendiri digantikan oleh Direct Media Interface seperti yang digunakan Intel pada prosesor terdahulu.

Kini, tanda-tanda hadirnya Core i5 sudah semakin jelas dengan munculnya informasi spesifikasi mengenai prosesor yang bersangkutan. Menurut informasi HKEPC, seperti VIVAnews kutip 20 April 2009, pada peluncurannya, Core i5 akan terdiri dari 3 varian. Adapun ketiga prosesor tersebut adalah yang berkecepatan 2,66GHz, 2,8GHz, serta 2,93GHz. Sama seperti Core i7, prosesor ini akan dibuat dalam proses manufaktur 45 nanometer, memiliki L3 cache sebesar 8MB, HyperThreading, dan TurboBoost Technology. Prosesor akan menggunakan daya rata-rata 95 watt.

Meski begitu, belum ada informasi lebih lanjut mengenai tanggal pemunculan prosesor dengan soket LGA 1156 tersebut. Akan tetapi, rumor mengenai kisaran harganya yang di sekitar 196, 284, dan 562 dolar AS membuat prosesor ini tidak menarik mengingat Core i7 920 saat ini dijual di kisaran harga 270 dolar AS meskipun dari sisi motherboard, motherboard pendukung Core i7 umumnya dijual di harga 300 dolar AS.

Core i5 sendiri diperkirakan akan mengambil alih kelas menengah dari tangan prosesor Core 2 Quad. Menarik untuk dilihat tanggapan AMD terhadap prosesor tersebut. Apalagi kalau partner Intel sanggup membuat motherboard berchipset P55 yang harganya di bawah 150 dolar AS.

No Indonesian Victims in the Baltimore Bridge Collapse Incident
Gelandang Mancester United, Donny van de Beek

Siap-siap Angkat Kaki dari Manchester United

Manchester United memiliko rencana untuk menjual Donny van de Beek. Gelandang asal Belanda itu tidak kunjung mendapat tempat di skuad utama tim berjuluk Setan Merah.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024