Soal Energi, Indonesia Tak Seperti Jepang

VIVAnews - Jepang, negara miskin sumber energi yang mampu mencukupi energi saat harga minyak dunia melonjak tinggi. Ini jauh berbeda dengan Indonesia, negara sumber energi yang masih mengalami krisis energi di sebagian daerahnya.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Purnomo Yusgiantoro menilai, Jepang memiliki keunggulan infrastuktur energi guna menjamin pasokan energi di negaranya. "Ini berbeda dengan Indonesia yang tidak memiliki infrastruktur," kata dia di Jakarta, Kamis 23 April 2009.

Jepang memiliki infrastruktur yang menunjang untuk mengangkut dan mendistribusikan pasokan energi dari Indonesia dan Timur Tengah, sedangkan Indonesia tidak.

Purnomo mencontohkan, di Sumatra Utara terjadi kekurangan pasokan gas. Padahal di daerah itu ada lapangan Arun dan Duri, yang memproduksi gas. Karena infrastrukturnya tidak tersedia, gas tidak bisa dialirkan ke daerah itu.

"Makanya, kami akan membangun receiving terminal LNG untuk mengatasi krisis gas bagi pembangkit di Jawa, " tuturnya.

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot
Jemaah haji Indonesia mendengarkan khutbah Subuh jelang wukuf.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Menurut Direktur Bina Haji PHU Arsad Hidayat, jemaah haji diminta tidak asal membagikan informasi yang beredar di media sosial yang belum jelas kebenarannya.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024