ANC Menangkan Pemilu Afrika Selatan

VIVAnews - Partai penguasa African National Congress (ANC) telah memastikan kemenangannya dalam pemilihan umum Afrika Selatan yang digelar Rabu lalu. Namun, ANC gagal meraih dua per tiga kursi di parlemen.

Pemimpin ANC sekaligus kandidat terkuat calon presiden Jacob Zuma menuturkan, dia akan menjadi presiden bagi seluruh rakyat. Zuma akan diangkat menjadi presiden melalui sidang parlemen pada 6 Mei mendatang.

"Bersama-sama kita akan membentuk pemerintahan yang melayani seluruh rakyat Afrika Selatan," ujar Zuma dalam pidato kemenangannya di Johannesburg seperti dikutip laman stasiun televisi Al Jazeera.

Hasil akhir penghitungan suara menunjukkan ANC meraih 65,9 persen suara pada Sabtu, 25 April 2009. Jumlah ini setara dengan 264 dari 400 kursi di parlemen.

Sementara itu, partai disiden ANC, Congress of the People (Cope) gagal mendapat banyak suara dalam pemilihan umum ini. Cope hanya berhasil mencatat 7,4 suara. Lawan utama ANC, Democratic Alliance (DA) mengantongi 16,7 persen suara.

Government Targets on Acquiring 61 Percent Freeport Share
PM Georgia, Irakli Kobakhidze (Doc: Anadolu Ajansi)

Akui Umat Muslim Berkontribusi Besar Bagi Negara, PM Georgia Adakan Bukber

Perdana Menteri Georgia Irakli Kobakhidze mengadakan buka puasa bersama atau makan malam berbuka puasa, pada Kamis, 28 Maret 2024, di Ibu Kota Tbilisi, bersamaan Ramadhan

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024