USB Flash Disk

OCZ ATV USB 2.0 Flash Drive 8GB

VIVAnews - Sebagai perusahaan yang bergerak di industri memori, sejak didirikan tahun 2000, OCZ, perusahaan asal Sunnyvale, California, langsung membidik pengguna enthusiast. Produk memori yang ditawarkan adalah high speed DDR memory dengan berbagai variannya, laptop memory, serta flash media.

Adapun produk lain yang disediakan antara lain adalah power supply, perangkat pendinginan, periferal seperti keyboard dan gaming mouse, serta laptop rakitan. Pada lini flash media, produsen ini menyediakan produk solid state drive, kartu memori, serta flash drives. Di jajaran USB drive, OCZ menyediakan 3 lini produk. Kelas Extreme Performance, Performance, dan Ultra Portable. Adapun produk yang kita bahas kali ini, yakni ATV 8GB sendiri termasuk ke varian Performance.

Spesifikasi dan Fitur
Dengan performa yang cukup cepat, fitur unggulan ATV adalah daya tahannya akan guncangan dan percikan air. Produk ini menjadi tawaran terjangkau bagi pengguna yang ingin memiliki flash disk yang dapat menyimpan data-datanya dengan aman. Berikut ini spesifikasi teknis dari OCZ ATV USB 2.0 Flash Drive:

Kado Pernikahan Peralatan Rumah Tangga buat Sahabat, Pasti Bermanfaat

- High Speed USB 2.0 Certified
- True Plug and Play (Compatible with MacOS X)
- Dual Channel Technology
- Waterproof Rubber Housing
- Orange LED Status Light
- Mendukung Windows Vista Ready Boost
- Tersedia dalam kapasitas 4GB, 8GB, 16GB, dan 32GB
- Lifetime Warranty

OCZ ATV USB 2.0 Flash Drive 8GBFlash drive ATV memiliki casing berwarna hitam biru berbahan karet. Produsennya mengklaim bahwa produk ini 100 persen weatherproof, alias dapat mempertahankan data digital penggunanya di berbagai kondisi cuaca, bahkan sampai terendam di dalam air.

OJK Ingatkan Emak-emak Hati-hati Terjerat Rentenir: Bunganya Luar Biasa Mencekik Leher

Penampung tutup flash drive ini juga dapat membantu penggunanya agar tidak kehilangan penutup header USB flash tersebut. Tetapi kalau toh memang hilang, jangan khawatir. OCZ juga menjual penutup flash disk yang bersangkutan lewat distributor produk yang bersangkutan atau di situs resminya. Adapun rantai yang tersedia juga bisa digunakan untuk menyantolkan flash disk agar tidak tertinggal ketika penggunanya bepergian. Misalnya dengan mengaitkannya bersama kunci kendaraan atau kunci meja kerja. 

Kinerja Produk
Berikut ini hasil uji coba VIVAnews terhadap OCZ ATV USB 2.0 Flash Drive 8GB:

Sisoft Sandra 12.30  
Drive Index31MB/s
Random Access1ms
HDTach 3.0.4.0  
CPU Utilization 19%
Uji Kinerja* 
Read1 menit 22,5 detik
Write6 menit 25,6 detik
Feline Lower Urinary Tract Disease: All Cat Lovers Need to Know
 *Pengujian menggunakan sebuah file image berukuran 2,5GB


Meski bukan datang dari kelas performa ekstrim, tetapi dari sisi daya tahan, ATV 8GB ini boleh diadu. Dengan casing berbahan karet, produk ini tahan banting, dalam arti sebenarnya. Sebagai contoh, kami sempat membantingnya secara sengaja dari ketinggian sekitar 25 meter ke lantai marmer padat. Hasilnya, data-data yang ada di dalam masih tersimpan rapi.


OCZ ATV, USB flash disk anti air
Produk ini juga tahan air. Pada uji coba sederhana yang dilakukan, kami sempat menyimpan flash disk ini sekitar satu minggu dalam gelas tertutup. Hasilnya, meskipun ternyata penutup flashdisk ini kurang mantap, dan sedikit terjadi rembesan sehingga menyebabkan karat pada kepala flash disk, tetapi OCZ ATV 8GB ini masih dapat bekerja dengan normal, data masih dapat digunakan, dan kinerja flash disk tidak mengalami penurunan.


Dari uji singkat yang kami lakukan, terlihat bahwa flash disk seharga 22 dolar AS ini memang sanggup menyimpan data meskipun perangkat mengalami kondisi ekstrim. Sayangnya masih terdapat sedikit celah yang membuat air dapat meresap lewat penutup USB flash disk yang bersangkutan. Bagi yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan hubungi distributor produk ini yakni Spectrum Utama di nomor 021-612-5503.


Kelebihan:

- Kapasitas cukup besar

- Daya tahan terhadap air dan guncangan sangat baik

- Bila penutup hilang, bisa dibeli secara terpisah


Kekurangan:

- Terdapat sedikit celah pada penutup sehingga air masih bisa rembes
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya