Detektor Suhu Tangkal Flu Babi Disiagakan

VIVAnews - Pemerintah meningkatkan kewaspadaan untuk mengantisipasi masuknya virus flu babi ke Indonesia. Alat deteksi suhu tubuh atau termoscanner ditempatkan di beberapa bandara dan sejumlah pelabuhan.

"Kalau untuk di pelabuhan akan disediakan scannner untuk mengecek suhu. Kalau ada orang terindikasi flu kan suhunya meningkat," kata Menteri Perhubungan, Jusman Syafii Djamal, usai rapat flu babi di Kantor Presiden, Jakarta, Senin, 27 April 2009.

Bila alat itu berbunyi maka dia akan mendapatkan penanganan dan penelitian lebih lanjut. Setelah itu dicari tahu apakah yang bersangkutan mengidap flu berat atau yang lainnya.

"Atau semacam ada tanda flu babi itu, nanti dia dikarantina," ujar Jusman.

Selain menempatkan alat deteksi suhu, pemerintah juga akan menerapkan sistem healt alert card. Sistem ini dalam bentuk daftar pertanyaan soal kegiatan penumpang selama satu minggu terakhir.

"Apakah penumpang itu pernah berada di daerah yang berkembang flu babi atau tidak. Dengan adanya kartu itu, proses screeningnya akan lebih baik," kata Jusman.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Aburizal Bakrie, mengatakan sepuluh bandara di Indonesia sudah diperintahkan untuk meningkatkan kewaspadaan untuk menghalau masuknya virus flu babi.

Jusman pun mempertegas pernyataan Aburizal. "Bandara Soekarno-Hatta (Jakarta), Ngurah Rai (Bali), Juanda (Surabay), dan Hasanuddin Makassar. Untuk pelabuhan, Tanjung Priok dan Batam," kata dia.

Seperti diberitakan, Menteri kesehatan Meksiko Jose Angel Cordova mengatakan jumlah pasien yang diduga terinfeksi virus flu babi meningkat menjadi 1.614 orang. Cordova juga menyatakan setidaknya 103 orang tewas akibat virus A/H1N1 ini.

Gejala flu babi meliputi demam lebih dari 37,77 derajat Celsius, sakit badan, radang tenggorokan, batuk, sulit bernapas, dan dalam beberapa kasus pasien muntah-muntah dan diare. Belum ada vaksin khusus untuk menanggulangi virus flu babi. Virus ini biasanya menyebar melalui kontak langsung dengan babi.

Kubu 03 Bantah Pemilu Ulang Hambat Pelantikan Presiden Terpilih: Alasan Mengada-ada
Fashion Photoshoot Project Volume 5

Menginspirasi Generasi Baru, Fashion Crafty Jakarta Hadirkan Kolaborasi Fashion Photos Project 5

Event yang diselenggarakan oleh Fashion Crafty Jakarta menampilkan pertemuan yang menginspirasi antara desainer mode, fotografer, makeup artist, dan fashion stylist.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024