Dinamika Swing Voter Partai-Partai

Survey dilakukan oleh LSI secara nasional pada 26 Oktober - 5 November 2008. Jumlah sampel sebanyak 2.197 dengan tingkat keyakinan 95 persen. responden adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan. Penarikan sample dilakukan dengan Metode Multistage Random Sampling.

Pada bulan Januari 2005 maupun November 2008 hanya Partai Demokrat yang memiliki swing voter yang positif. Partai lain, Partai Golkar, PDIP, PKB, PKS, PPP, dan PAN memiliki swing voter yang negatif.

Dari pemilih partai-partai di tahun 2004, Partai Golkar tetap dipilih oleh masyarakat yang memilih partai tersebut di tahun 2004 sebanyak 51 persen di bulan November 2008 dan akan berpindah ke partai lain, dengan persentase paling tinggi 9 persen ke Partai Demokrat.

PDIP akan dipilih kembali oleh massanya yang memilih di tahun 2004 sebanyak 57 persen dan akan berpindah ke partai lain, dengan persentase paling tinggi 5 persen ke Partai Golkar.

Partai Demokrat akan dipilih kembali oleh massanya di tahun 2004 sebanyak 47 persen. Mereka berpindah ke partai lain sebanyak  6 persen ke PDIP, masing-masing 5 persen Gerindra, PAN dan PKS, dan Partai Golkar.

Berdasarkan Indeks citra Partai, Partai Demokrat dipilih oleh masyarakat sebagai partai yang baik baik (14 persen), kedua Partai Golkar dan PDIP (masing-masing 10 persen) dan ketiga PKS (5 persen). Indikator indeks tersebut adalah bersih dari korupsi, kapabilitas pemimpin, program, dan perhatian pada rakyat.

Rupiah Loyo Dibayangi Penurunan Surplus Neraca Dagang RI

Berdasarkan wilayah, jumlah swing voter tertinggi adalah di Jawa Barat, yaitu sebesar 29 persen, kedua adalah seluruh provinsi di Indonesia Tengah dan Timur, sebesar 27 persen dan Jatim sebanyak 24 persen. Swing voter terbesar di Jawa Barat adalah Partai Golkar dan Partai Demokrat sebanyak 18 persen, dan PDIP sebanyak 14 persen. Swing voter terbesar di Indonesia Tengah dan Timur adalah Partai Golkar sebanyak 22 persen, Partai Demokrat sebanyak 16 persen, dan PDIP sebanyak 10 persen.

Data lengkap dapat  diklik attachment (Dinamika Swing Voters Partai-Partai)

TKN: Tidak Ada Suara Rakyat yang Dicurangi dalam Rekapitulasi
Akhirnya Kate Middleton muncul di depan publik, ini foto terbarunya

Akhirnya Kate Middleton Muncul di Depan Publik, Ini Foto Terbarunya

Setelah beberapa waktu absen dari sorotan publik, Kate Middleton, Putri Wales Kerajaan Inggris, akhirnya muncul setelah dinanti-nantikan. Ini foto terbaru sang putri.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024